Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2014, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Bukan informasi baru jika konsumsi ikan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sejumlah ikan kaya akan asam lemak omega 3. Makan ikan dinilai dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, depresi, hingga alzheimer.

Penelitian terbaru dari University of Pittsburgh School of Medicine menyatakan bahwa mereka yang makan ikan secara teratur memiliki volume otak yang lebih besar, berkaitan dengan memori dan fungsi kognisi. Namun, bagaimana cara mengolahnya agar kita dapat manfaat maksimal dari konsumsi ikan?

Penelitian itu pun dilakukan dengan konsumsi ikan yang dipanggang, bukan ikan goreng. Bahan makanan yang digoreng mengandung kalori lebih tinggi daripada makanan yang dipanggang, dikukus, atau direbus.

Sebagai contoh, dalam 12 udang goreng udang mengandung 280 kalori, sedangkan 12 udang yang direbus atau dipanggang hanya 85 kalori. Namun, jika mementingkan rasa makanan dan kemudahan, banyak yang memilih mengolah ikan dengan cara digoreng.

Jika sehat menjadi pilihan, konsumsi ikan bakar dengan rasa yang lezat juga bisa dilakukan. Berikut beberapa cara agar ikan yang dipanggang maupun direbus tetap memiliki rasa yang nikmat ketika dimakan.

Gunakan lemak baik

Sebelum dimasak, bersihkan ikan dan olesi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Bisa juga dengan tomat yang dikeringkan, paprika merah panggang, atau kemangi. Setelah dimasak, taburkan di atasnya dengan irisan buah alpukat, kacang-kacangan, atau satu sendok zaitun.

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Indonesia kaya akan rempah-rempah. Buatlah racikan bumbu dan rempah-rempah. Misalnya, peras jeruk nipis, lalu buat bumbu dengan ketumbar dan lada. Bisa juga dengan irisan bawang putih, dicampur jahe parut, bubuk kunyit, dan cabai merah.

Agar lebih segar, bisa juga memakai perasan jeruk lemon, termasuk bagian kulitnya, tumbukan bawang putih, peterseli, dan lada hitam. Campuran bawang putih, lada hitam, dan cabai rawit juga cocok jika Anda menyukai rasa pedas.

Campur dengan makanan lain

Setelah ikan selesai dipanggang, hidangkan ikan dengan makanan sehat lain, seperti tumis sayuran, tumis jamur, kentang, nasi, selada, dan ubi jalar. Makanan ini membuat rasa ikan menjadi tidak terlalu dominan.

Dinginkan ikan

Ikan juga bisa disajikan dalam keadaan dingin.  Setelah dimasak dan didinginkan, campurkan ke dalam salad yang berisi sayuran. Jadilah makanan yang dikenal dengan seafood salad.

Tambahkan hidangan lain

Setelah dipanggang atau direbus, tambahkan hidangan, seperti sup, tumis sayuran, dan makanan rebus. Ikan juga dapat dicampur langsung ke dalam satu mangkok sup sehingga menjadi sup ikan. Jangan lupa racik dengan bumbu alami agar lebih lezat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com