Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2014, 14:20 WIB


TANYA:

 
Selamat siang, saya karyawati di salah satu perusahaan swasta di jakarta. Saya merasa badan saya menjadi gendut setelah saya mengikuti program KB (Suntik 3 bulan). Awalnya berat saya setelah melahirkan anak pertama saya 47 kg. Sekarang setelah saya ikut program KB berat saya naik menjadi 60 kg. Apakah benar KB menjadikan kita gendut? Bagaimana juga memilih KB yang benar, serta tidak membuat badan gemuk? Terimakasih
 
Indar Hartini (24) Jakarta


JAWAB:

Ibu yth, terimakasih atas pertanyaannya.
Kontrasepsi suntik tiga bulanan memang memiliki efek samping gemuk. Karena obat dalam kontrasepsi tersebut memiliki sifat menahan cairan di dalam sel, sehingga sel tubuh membesar dan berat badan bertambah. Untuk pemilihan jenis kontrasepsi supaya tidak gemuk, saya anjurkan ibu ganti dengan KB IUD (spiral) saja. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan lebih banyak mengonsumsi makanan rendah karbohidrat serta olahraga teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com