Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2014, 13:10 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Pola makan sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Mulai dari sarapan pagi, pilih lah makanan yang sehat sebelum Anda memulai aktivitas. Salah satunya dengan makan oatmeal. Oatmeal adalah makanan dari gandum.

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Secangkir oatmeal saja mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel. Sedikitnya ada lima alasan mengapa oatmeal baik untuk Anda konsumsi.

1. Kenyang lebih lama
Oatmeal bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibanding menu sarapan lain. Tingginya serat pada oatmeal dapat menahan Anda dari ngemil berlebihan sebelum waktu makan siang tiba. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan Nutrition Journal menunjukkan bahwa peserta yang makan oatmeal mengaku merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang makan sereal dengan porsi yang sama.

2. Menurunkan kolesterol
Makanan tinggi serat selama ini dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol, termasuk oatmeal. Serat yang larut dari oatmeal bisa membantu mengurangi penyerapan tubuh dari kolesterol "jahat".  Kolesterol jahat ini diketahui mampu yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Mengurangi risiko kanker usus
Makanan yang tinggi serat juga telah terbukti mengurangi risiko kanker kolorektal.  Seperti pernah dipublikasikan British Medical Journal tahun 2011, orang yang mengosumsi tambahan 90 gram biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 20 persen daripada yang tidak.

4. Melindungi jantung
Oatmeal mengandung lignan yang merupakan senyawa kimia yang bisa melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti jantung. LIgnan juga dapat ditemui pada brokjoli, aprikot, dan biji rami.

5. Tidak mahal
Selain mudah didapatkan di mana saja, harga oatmeal yang dijual juga tidak mahal. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, Anda bisa puas mendapatkan oatmeal. Tak hanya sehat bagi tubuh, tapi juga bagi kantong Anda.

Buat sarapan oatmeal tidak membosankan
Banyak yang berpikir sarapan oatmeal akan membosankan. Padahal, jika Anda kreatif, makan oatmeal akan memiliki banyak variasi rasa. Oatmeal cocok dicampur dengan beberapa makanan lain yang akan menambah rasa dan selera. Anda bisa menambahkan telur, irisan daging, alpukat, stroberi, pisang, dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com