Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2014, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Penemuan-penemuan yang menarik dan baru di bidang kesehatan hampir terjadi setiap hari. Beberapa memberikan harapan bagi mereka yang menderita penyakit, yang lain menjelaskan mekanisme kerja tubuh dan otak.

Dari berbagai penemuan tersebut, terkadang ada hasil penelitian yang tidak mendapat pemberitaan dalam porsi besar, tapi ternyata justru yang paling membuat kita tertarik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Bau tubuh orang yang pilihan politiknya sama

Ketertarikan kita pada seseorang ternyata tidak acak. Kita cenderung memilih seseorang yang punya cara pandang sama, kepercayaan, bahkan bentuk tubuh.

Menurut studi yang dimuat dalam American Journal of Political Science, seseorang ternyata juga bisa tertarik pada bau badan orang yang punya pandangan politik yang sama.

Skizofrenia merupakan 8 kelainan genetik yang berbeda

Sebuah studi besar yang dipublikasikan tahun ini menunjukkan bahwa skizofrenia ternyata lebih rumit dari yang diketahui selama ini. Para ilmuwan bidang genetik mengevaluasi gentik dari 4.200 orang yang didiagnosa skizofrenia dan 3.800 individu normal.

Para peneliti tidak hanya fokus pada gen tunggal, tapi bisa menemukan kelompok gen. Ketika seseorang memiliki kombinasi gen tertentu, mereka punya kemungkinan sampai 100 persen mengidap gangguan jiwa skizofrenia.

Film aksi membuat kita ngemil lebih banyak

Jenis film yang kita tonton ternyata berpengaruh pada seberapa banyak kita makan. Penelitian menunjukkan, mereka yang menonton film aksi dengan suara, mengonsumsi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang menonton tayangan wawancara.

Psikopat dengan IQ tinggi bisa menutupi gangguannya

Penelitian bidang psikologi yang dilakukan oleh tim mahasiswa di Inggris menunjukkan, orang psikopat yang yang memiliki skor IQ tinggi bisa menutupi gangguannya itu sehingga akan terlihat seperti orang yang normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com