Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2014, 10:00 WIB

TANYA:
 
Dok, sebenarnya apa yang disebut dengan anak indigo itu? Saya punya keponakan berusia 3 tahun yang menurut saya cukup pintar untuk anak seusianya. Ia bisa menebak dengan tepat nama hari yang kita sebutkan beberapa tahun lalu. Ia juga bisa memberi tahu hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Misalnya ia menyebut kakeknya akan kecelakaan mobil dan ternyata itu kejadian. Apakah keponakan saya ini termasuk anak indigo? Bagaimana memastikannya agar kami tahu bagaimana memperlakukannya.
 
Hanif (25), Jakarta

JAWAB:

Pak Hanif yang baik,
Istilah anak indigo memang ditujukkan untuk anak-anak yang mempunyai kemampuan (mental) khusus. Dikatakan kebanyakan dari mereka lebih banyak yang mempunyai kemampuan untuk melakukan hal-hal yang orang lain tidak bisa lakukan seperti melihat roh atau makhluk halus, bisa berbicara dengan makhluk halus, memprediksikan masa depan dan kemampuan telepati yang banyak oleh orang disebut sebagai indera ke enam.

Permasalahan bukan pada kemampuan tersebut saja tetapi lebih kepada apakah memang kemampuan itu benar-benar ada atau merupakan suatu gejala dari gangguan jiwa yang berat. Kita memahami dalam ilmu kedokteran jiwa bahwa apa yang dialami oleh anak-anak indigo itu juga banyak dialami oleh pasien-pasien skizofrenia misalnya. Ada juga yang ternyata mengalami masalah gangguan kejiwaan anak yang termasuk spektrum autisme seperti autisme atau aspergers.

Jika benar pun dia anak indigo, mempunyai kemampuan seperti itu tentunya harus dilatih dan ditempatkan dengan baik agar tidak menimbulkan kebingungan pada anak itu sendiri. Saran saya ada baiknya melakukan pemeriksaan di psikiater anak. Ada psikiater anak yang dikenal fokus juga pada anak-anak indigo yaitu dr.TB. Erwin Kusuma,SpKJ(Konsultan). Bapak bisa mencari tempat praktek beliau lewat google.

Semoga informasinya bermanfaat. Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com