Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stroberi dan Apel Bisa Kurangi Kerusakan Jantung

Kompas.com - 11/11/2014, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com
- Banyak manfaat konsumsi buah bagi kesehatan, di antaranya buah stroberi dan apel. Berdasarkan penelitian, kedua buah ini mampu mengurangi kerusakan jangka panjang pada organ tubuh setelah terjadi serangan jantung.

Para ilmuwan dari Universitas Cambridge menemukan adanya zat kimia pada stroberi dan apel yang bisa mengurangi cedera jangka panjang untuk organ-organ vital. Manfaat lainnya, tingkat kelangsungan hidup seseorang mengalami peningkatan setelah terkena serangan jantung dan stroke.

Seperti diketahui pascaserangan jantung bisa terjadi penurunan fungsi, seperti kerusakan pada otot jantung. Serangan jantung juga bisa datang kembali dan bisa menyebabkan gagal jantung. Ketika seseorang mengalami serangan jantung maupun stroke, terjadi pembekuan darah sehingga jantung hingga otak kekurangan darah dan oksigen. Untuk itu, penanganan serangan jantung harus secepat mungkin.

Selama ini, penanganan pada serangan jantung yaitu membuka kembali aliran koroner yang tersumbat atau dikenal dengan reperfusi.

Para ahli dan dokter di Universitas Cambridge menilai jika zat kimia pada stroberi dan apel disuntikan pada pasien setelah serangan, maka bisa mengurangi kerusakan pada jantung maupun organ lain.

Para peneliti mengungkapkan, kerusakan yang terjadi pascaserangan jantung diakibatkan penumpukan zat kimia suksinat. Ketika kembali aliran darah, suksinat berinteraksi dengan oksigen, kemudian melepaskan molekul destruktif yang membunuh sel-sel di jantung atau organ lain.

Para peneliti kemudian melakukan percobaan pada tikus dengan menyuntikkan bahan kimia yaitu ester malonat. Hasilnya, jika ester malonat disuntikkan selama pengobatan stroke atau serangan jantung,  maka bisa menghentikan penumpukan suksinat dan pelepasan molekul yang merusak jantung serta organ tubuh lainnya.

Ester malonat inilah yang banyak ditemukan pada buah-buahan seperti stroberi, apel dan anggur. Dokter Michael Murphy dari Universitas Cambridge mengatakan, zat kimia ester malonat berkerja sangat baik dalam tubuh untuk mengurangi kerusakan pasca serangan jantung maupun stroke.

Direktur medis di British Heart Foundation Profesor Peter Weissberg, mengatakan meskipun belum diketahui tingkat kerusakan yang bisa terjadi setelah serangan jantung, setidaknya zat kimia ini mampu mengurangi risiko gagal jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com