Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Percaya Mitos Keliru tentang Metabolisme

Kompas.com - 11/11/2014, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Metabolisme menjadi kata kunci bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Sederhananya, metabolisme adalah cara tubuh mengubah makanan menjadi energi. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengartikan proses metabolisme, karena seperti dikatakan oleh Karen Ansel, MS, RD, masih banyak orang mempercayai mitos yang keliru mengenai metabolisme. Contohnya seperti ini:

Metabolisme akan menurun drastis di usia 30
Jika Anda sangat takut memasuki usia 30 karena mendengar hal tersebut, Anda tidak perlu cemas. Ansel mengungkapkan, proses penurunan metabolisme terjadi pada usia 40, yang biasanya disertai hilangnya massa otot yang juga berpengaruh terhadap pembakaran kalori serta kegemukan.

Ansel menyarankan Anda untuk rutin berolahraga setidaknya 100 menit dalam seminggu untuk melatih otot serta tulang agar metabolisme tetap lancar dan tubuh terasa bugar.

Metabolisme tidak memiliki ukuran yang pasti
Banyak orang menganggap bahwa manusia modern pasti memiliki proses metabolisme yang lambat. Tapi, Ansel justru menyatakan bahwa cara mudah untuk mengukur apakah Anda memiliki metabolisme yang baik adalah dengan melakukan olahraga serta mengatur pola makan.

Jika hasilnya baik, bahkan maksimal, itu artinya Anda berhasil mengontrol proses metabolisme. Cara mudah membandingkan metabolisme Anda dengan orang lain adalah lewat tingkat aktivitas dan konsumsi kalori per hari.

Anda tidak bisa mengubah proses metabolisme
Masih berpikiran Anda dilahirkan dengan metabolisme yang lambat dan tidak bisa mengubahnya? Anda keliru! Namun, “Jika Anda tidak berolahraga, dan Anda tidak memiliki massa otot, barulah Anda bisa mengubah metabolisme Anda," ujar Ansel.

Cara meningkatkan metabolisme adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa jenis makanan yang lumayan bisa mendongkrak metabolisme adalah kafein dan cabai merah. Tetapi, tentu saja Anda tidak bisa menggantungkan harapan pada kedua jenis makanan itu saja untuk mengharapkan perubahan yang besar.

Wanita bertubuh kurus memiliki metabolisme yang baik
Faktanya, tidak selalu! "Orang yang kurus suka mengkompensasi apa yang dilakukannya," kata Ansel. "Kalau mereka makan terlalu banyak dalam sekali makan, mereka makan lebih sedikit pada makan berikutnya. Mereka cenderung mengikuti tanda-tanda yang terjadi pada tubuh mereka, dan saya pikir itulah kunci orang-orang yang kurus secara alami."

Anda pun bisa meniru kebiasaan mereka. Amati tanda-tanda kapan tubuh merasa lapar, makanlah ketika Anda menyadarinya, lalu beri ganjaran dengan aktivitas fisik. "Dengan cara itulah Anda benar-benar membuat metabolisme terjadi," pungkas Ansel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com