Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bayi Sehat, Jagalah Asupan Gizi Sebelum Hamil

Kompas.com - 13/11/2014, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Kehamilan merupakan proses yang dinanti-nanti oleh seorang ibu. Saat hamil, seorang ibu tak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi juga janin. Apa yang dikonsumsi ibu adalah yang juga dimakan oleh janin atau bayi dalam kandungan.

Untuk itu, ibu hamil butuh nutrisi atau gizi yang seimbang. Nutrisi sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Namun, menjaga kebutuhan nutrisi ternyata tak hanya saat hamil.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Prima Progestian mengatakan, menjaga asupan gizi seharusnya sudah dilakukan sebelum hamil atau merencanakan kehamilan.

"Menjaga makanan penting paling tidak tiga bulan sebelum proses hamil. Ini membuat anak-anak lebih sehat," kata Prima dalam acara diskusi di Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Prima mengatakan, kehamilan awal kadang tidak diketahui seorang ibu. Misalnya, seorang ibu tidak tahu bahwa telah mengandung selama dua minggu. Saat itu, ia masih konsumsi alkohol dan merokok. Hal ini bisa berdampak pada janin yang tidak sehat. Sebab, pembentukan otak dan jantung bayi sudah terjadi pada satu bulan kehamilan.

Sementara itu, proses pembentukan organ selesai pada 11 minggu pertama. Kemudian, terjadilah proses perkembangan dan penyempurnaan fungsi organ-organnya. Dengan demikian, nutrisi sangat penting sejak tahap awal kehamilan. Jika gizi tidak tercukupi, tumbuh kembang anak akan terganggu dan bisa menyebabkan bayi cacat.

Menjaga asupan gizi pun tak hanya penting sebelum dan saat masa kehamilan 9 bulan, tetapi juga pascamelahirkan. Sebab, ibu harus memberikan asi kepada bayi selama enam bulan.

"Setelah melahirkan kadang-kadang ibu-ibu makannya ngaco lagi. Dia ngerasa tugasnya selesai, padahal belum. Bayi sampai 6 bulan harus asi. Jadi nutrisi penting bukan pada saat kehamilan saja, tapi juga menyusui," terang Prima.

Saat hamil, jaga lah pola makan dengan gizi seimbang. Asupan nutrisi yang diperlukan ibu hamil diantaranya protein, serat, asam folat, kalsium, zat besi, dam asam lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com