Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2014, 18:36 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com- Merokok sudah terbukti tak baik bagi kesehatan. Bahayanya tak hanya bagi perokok itu sendiri, tetapi orang-orang disekitarnya.

Kalau begitu, beranikah Anda untuk komitmen berhenti merokok? Jika iya, berikan cap tangan Anda pada kain putih bertuliskan "Komitmen Tidak Merokok" yang disediakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Di Jakarta, kain berukuran sekitar 15x1,5 meter ini bisa Anda temui di lapangan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (16/11/2014). Masyarakat umum bisa memberikan cap tangan warna-warni di seluruh area kain. Kemenkes menyediakan warna pink atau merah muda, hijau, dan biru. Disediakan pula tempat untuk mencuci tangan pakai sabun setelah memberikan cap tangan. Setelah itu, Anda juga mendapat pin bertuliskan "Sehat Tanpa Rokok

Aksi ini untuk mengajak lebih banyak orang berhenti merokok dan mencegah perokok baru."Gerakan ini serentak di seluruh Indonesia, sebagai salah satu cara sosialisasi dan pergerakan massa untuk kesadaran tidak merokok," tulis Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), HM Subuh melalui pesan singkat, Jumat (14/11/2014).

Subuh mengatakan, Kemenkes berharap lebih dari50.000cap tangan yang terkumpul sehingga dapat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sebelumnya, pengumpulan cap tangan juga sudah dilakukan di Monas pada Rabu (12/11/2014). Kemudian kain tersebut dibawa ke Gedung Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said Jakarta pada Kamis (13/11/2014)-Jumat (14/11/2014).

Aksi ini pun termasuk dalam rangkaian acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 50 tahun. Di Monas, Anda bisa mengunjungi pameran pembangunan kesehatan dan aksi pengabdian masyarakat.

Pada aksi pengabdian masyakat, warga bisa cek kesehatan gratis dan konsultasi. Jika Anda berniat untuk berhenti merokok, ada stand konsultasi yang akan membantu Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com