Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2014, 09:55 WIB

Tingginya tingkat kesibukan kaum muda dalam mengejar karir dan menggeluti hobi seringkali membuat mereka melupakan hal yang paling utama, yakni kesehatan. Padahal, tidak merasa sakit bukanlah jaminan mereka benar-benar sehat. Beberapa fakta menunjukkan bahwa mereka yang terlihat sehat justru dapat terserang penyakit yang sulit disembuhkan.

Prodia berupaya meningkatkan kepedulian generasi muda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini melalui kegiatan bertema “Tune Up Your Health” yang diselenggarakan pada tanggal 15 November 2014 di The Breeze BSD, Tangerang (pre-event) dan 22 November di Taman Bintaro Xchange, Tangerang (big bang).

Pada acara kali ini Prodia mengajak beberapa komunitas otomotif yang beranggotakan kaum muda, yaitu Indonesia Mini Club, NuVolks Community dan Komunitas Audi Jakarta. Hobi yang mereka geluti di tengah padatnya jam kerja seringkali membuat anggota dari ketiga komunitas tersebut lebih memperhatikan “kesehatan kendaraan” daripada kesehatan tubuhnya sendiri.

Fakta mengungkapkan bahwa perubahan gaya hidup di usia muda cenderung menyebabkan mereka rentan mengalami penyakit degeneratif (kemunduran fungsi organ tubuh yang terjadi pada usia tua). Bahkan catatan WHO menunjukkan lebih dari 2,6 juta anak muda meninggal setiap tahunnya. Ironisnya, sebagian besar dikarenakan penyebab yang sebenarnya sangat mungkin untuk dihindari.

Selain itu, dua pertiga kematian dini pada orang dewasa berkaitan dengan perilaku yang dimulai pada usia muda (misalnya merokok, makanan tidak sehat, kurang tidur, jarang olahraga). Hal ini menjadi landasan yang kuat bagi Prodia untuk mengajak para generasi muda menerapkan pola hidup sehat termasuk pemeriksaan kesehatan sejak dini melalui kegiatan “Tune Up Your Health”.

Rangkaian kegiatan brand activation ini terdiri atas pre-event dan big bang. Pada pre-event para komunitas mengikuti kegiatan fun rally selfie competition yang diadakan di sepanjang jalan Jakarta dengan beberapa titik check point yaitu Monas, Senayan, Prodia Gunawarman, dan Prodia Bintaro.

Diharapkan melalui kegiatan pre-event tersebut para komunitas mengetahui posisi cabang Prodia terdekat yang dapat mereka kunjungi jika ingin melakukan check up kesehatan. Pada masing-masing titik check point para peserta diwajibkan mengumpulkan stempel, menjawab pertanyaan seputar kesehatan serta berfoto selfie untuk diikutsertakan dalam lomba foto via social media.

Kegiatan fun rally tersebut diakhiri dengan talkshow dan games seru di The Breeze BSD, Tangerang. Momen tersebut akan memberikan kesan menarik dan memotivasi peserta untuk ikut serta meningkatkan kepedulian anak muda terhadap pemeriksaan kesehatan sekaligus memperkenalkan Prodia kepada para netizen.

Kemudian pada big bang Prodia mengadakan games antar komunitas, fun talkshow dan dimeriahkan oleh beberapa artis ternama seperti RAN, Soulful dan Hip Hop Community. Melalui games dan fun talkshow tersebut, para generasi muda akan memperoleh edukasi menarik mengenai pentingnya melakukan pola hidup sehat termasuk melakukan check up kesehatan. Selain itu beberapa anggota komunitas dan para personil RAN ikut serta menceritakan pengalamannya sewaktu melakukan check up kesehatan di Laboratorium Klinik Prodia.

Menurut Dra. Ampi Retnowardani, M.Si selaku Marketing Manager PT. Prodia Widyahusada, tidak mudah mengajak para generasi muda untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih lagi jika mereka masih sangat aktif dan merasa sehat-sehat saja.

Oleh karena itu diperlukan kegiatan edukasi yang fun sehingga mereka tertarik untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini. "Bagaimanapun juga mereka adalah generasi penerus bangsa yang memegang peranan sangat penting bagi negara kita dan kesehatan mereka tetaplah yang utama”, imbuhnya. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com