Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Kedokteran Militer Internasional

Kompas.com - 20/11/2014, 07:05 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia kedokteran militer rasanya belum familiar bagi masyarakat umum. Para dokternya pun memang orang-orang yang dilatih khusus untuk siap menangani pasien dalam situasi apa pun, seperti perang dan bencana besar.

Untuk lebih mengenal tentang kedokteran militer, Perhimpunan Kedokeran Militer Indonesia (Perdokmil) bekerja sama dengan International Committee of Military Medicine (ICMM) menggelar Indonesia International Expo on Military Medicine 2015. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pameran kedokteran militer internasional ini.

Pameran ini akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center pada 18-22 Mei 2015. Kepala Pusat Kesehatan TNI, Mayor Jenderal dr. Daniel Tjen, SpS mengatakan, acara ini merupakan agenda penting ICMM World Congress on Military Medicine ke 41. Dalam kesempatan ini, Indonesia bisa memperkenalkan dunia kedokteran militer.

"Ini event di mana kita bisa memperkenalkan kiprah kesehatan TNI dan Indonesia ke dunia internasional," kata Daniel di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk nomor 4 terbesar di dunia dan negara maritim. Sekretaris Utama Kolonel CKM dr. Ben Yura Rimba mengatakan, teknologi kedokteran militer di Indonesia tak kalah dengan negara lain. Kebutuhan rumah sakit militer di Indonesia dan teknologi kedokteran juga masih cukup besar.

"Tenaga ahli kita juga tidak kalah. Kita pernah mengirim satu batalyon penuh ke Bosnia," kata Ben.

Acara internasional ini juga dijadikan sebagai wadah untuk saling betukar pengetahuan dan pengalaman seputar kedokteran militer. Pameran ini akan diikuti oleh pelaku industri farmasi, peralatan kedokteran, rumah sakit militer, dan industri terkait dari 114 negara anggota ICMM.

Anggota ICMM sendiri adalah negara-negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). ICMM merupakan organisasi netral dan kongres ini bisa dibilang sebagai ajang para pejabat militer bisa duduk bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com