Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2014, 09:10 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita banyak orang, terutama di musim pancaroba seperti sekarang. Flu yang disebabkan virus influenza ini sangat mudah menyerang tubuh seseorang saat dalam kondisi lemah. Adanya virus dalam tubuh bisa membuat seseorang bersin, pilek, hidung tersumbat, batuk, hingga badan terasa lelah.

Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Rusdian Utama Roeslani mengatakan, flu pada dasarnya bisa disembuhkan tanpa meminum obat-obatan. Sebab, dalam waktu tujuh hari, virus flu akan mati dengan sendirinya di dalam tubuh.

“Kalau flu enggak perlu pakai obat apa-apa. Tungguin saja, kalau Anda tahan gejalanya selama lima hari sampai tujuh hari, itu sembuh dan enggak perlu obat,” ujar Rusdian dalam diskusi "Bebas Gangguan Hidung Tersumbat agar Aktivitas Terjaga" di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Saat terserang flu, Anda hanya perlu mengembalikan kondisi tubuh dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, banyak makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, dan istirahat yang cukup.

Rusdian menjelaskan, gejala flu akan timbul setelah satu hingga dua hari terserang virusnya. Virus akan membuat tubuh menjadi lemah. Jika tidak segera dilawan, lebih dari lima sampai tujuh hari kondisi tubuh bisa semakin parah, seperti demam, pusing, dan tidak nafsu makan. Hal ini terjadi bukan karena virus, melainkan bakteri yang menyerang tubuh. Keseimbangan bakteri dalam tubuh terganggu karena virus tersebut telah menyebar luas.

“Dalam waktu seminggu, virus itu mati, enggak ada lagi. Tapi virus menyebabkan keadaan tubuh kita menurun sehingga bakteri akan terganggu karena virus tadi bisa menurunkan kondisi tubuh. Akhirnya menimbulkan penyakit. Virusnya udah enggak ada, bakterinya yang berperan sekarang,” terang dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Gandaria Jakarta ini.

Rusdian mengatakan, penggunaan obat pun perlu diperhatikan efek sampingnya. Untuk itu, ketika flu lebih disarankan untuk melawan virus dengan banyak minum air putih, istirahat cukup hingga konsumsi makanan bergizi. Jika flu semakin parah lebih dari lima atau tujuh hari, konsumsi obat atau pergi ke dokter lebih dianjurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com