Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Dua Kaki Diciptakan Agar Orang Aktif Bergerak dan Sehat

Kompas.com - 14/12/2014, 16:27 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com –Duduk lebih dari empat jam sehari dinilai dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan jantung. Kebiasaan itulah yang umumnya terjadi pada pekerja kantoran.

Para pekerja kantoran kebanyakan hanya bergerak ketika pergi ke toilet maupun makan siang. Duduk terlalu lama membuat mereka menjadi kurang gerak. Kurang gerak ini akhirnya dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

Kurangnya aktivitas fisik pada pekerja kantoran itu pun menginspirasi seorang desainer Perancis, Benoit Malta. Ia menciptakan kursi yang hanya memiliki dua kaki. Kursi 'Inactivite' ini akan membuat seseorang lebih aktif bergerak.

Kursi ini sengaja dibuat kurang nyaman sehingga penggunanya harus mempertahankan posisi duduk agar tetap stabil atau seimbang. Kursi ini diciptakan bukan untuk duduk dalam waktu yang lama, melainkan hanya beberapa jam.

Menurut dia, kursi merupakan bagian penting dalam hidup karena seorang pekerja kantoran bisa menggunakan 70 persen waktunya untuk duduk. Untuk membuat struktur kursi yang sempurna, Malta bekerja sama dengan ahli ergonomis dan seorang terapis fisik selama 9 bulan.

"Saya ingin merancang sebuah kursi yang tak hanya memiliki dampak visual tetapi juga efisien pada tubuh manusia,” kata Malta.

Meski hanya dua kaki, strukturnya telah dirancang untuk mencegah orang jatuh ketika mendudukinya. Malta berharap desain kursinya dapat mendorong seseorang untuk menjadi lebih aktif bergerak dan mengurangi waktu duduk dalam sehari. Kursi tersebut akan “memaksa” seseorang untuk bergerak sehingga lebih sehat.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com