Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2014, 07:10 WIB

TANYA:

Selamat malam dok, dok saya mau bertanya soal gigi dan rahang saya bagian bawah kanan, daerah rahang bawah bagian kanan saya sering sakit, apalagi kalau di buat tidur posisi miring ke kanan bangun tidur pasti akan sedikit membengkak. Rahang saya juga tumbuh tidak lurus tapi menggeser sedikit ke kanan.

Pernah konsultasi ke beberapa dokter katanya itu karena akibat impaksi geraham dan akhirnya saya melakukan operasi tapi beberapa bulan setelah operasi ternyata tidak ada peningkatan, malah gigi rahang saya tetap sakit seperti sebelumnya. Tolong jelaskan ya dok ada apa dengan rahang saya.. terimakasih
Frisa (19), Jember

JAWAB:
Hai Frisa di Jember,
Diperlukan pemeriksaan secara klinis dan radiografis untuk menentukan apa yang sedang Anda alami.

Saya mencoba memberikan kemungkinannya hanya berdasarkan keterangan yang Anda berikan. Keluhan gigi dan rahang bawah kanan sering sakit, serta rahang bawah cenderung ke kanan, kemungkinan Anda sedang mengalami kelainan sendi rahang. Pada kasus ini, kemungkinan penyebabnya adalah pergeseran bagian sendi rahang.

Gejala lain pada penderita kelainan sendi rahang adalah dapat mengalami rasa lelah pada wajah, serta pada sisi wajah yang mengalami kelainan tersebut dapat terjadi pembengkakan.

Sebenarnya banyak hal lain yang menjadi pertimbangan apakah benar Anda mengalami kelainan sendi rahang atau tidak. Sebaiknya saat ini Anda segera mendatangi dokter gigi spesialis prostodonsia untuk dilakukan pemeriksaan klinis dan radiografis lebih lanjut. Pemberian obat golongan muscle relaxant dan fisioterapi biasanya merupakan pilihan terapi awal. Bila terapi konservatif gagal, maka akan dilakukan tindakan yang lebih invasif oleh beliau.

Demikian Frisa, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com