Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2014, 17:48 WIB

KOMPAS.com - Usia harapan hidup orang di banyak negara terus meningkat. Sejak tahun 1990, rata-rata usia harapan hidup naik 6 tahun menjadi 71,5 tahun. Meski begitu, usia harapan hidup di negara sub Sahara Afrika turun.

"Peningkatan ini terutama karena upaya melawan berbagai penyakit dan kecelakaan semakin baik, tetapi sebenarnya kita bisa lebih baik dari ini," kata Christopher Murray dari Universitas Washington yang melakukan riset ini.

Dalam laporan penelitiannya yang dimuat dalam jurnal Lancet, ditunjukkan bahwa terjadi penurunan kematian akibat kanker dan penyakit kardiovaskular di negara maju. Demikian juga dengan kematian akibat penyakit diare dan komplikasi persalinan di seluruh dunia.

Kedua tren tersebut berpengaruh pada penurunan angka kematian secara global. Namun yang lebih penting adalah pendanaan medis untuk melawan penyakit menular terus bertambah sejak tahun 1990.

Meski begitu, jumlah kematian akibat sejumlah penyakit terus meningkat. Yang paling dramatis adalah kematian akibat HIV/AIDS yang berada di daftar teratas kematian prematur.

Jumlah kematian akibat HIV/AIDS terutama meningkat di negara-negara sub-Sahara Afrika.

Penyakit lain yang menyebabkan kematian terbanyak adalah kanker hati yang disebabkan oleh hepatitis C. Jumlahnya naik 125 persen sejak tahun 1990. Penyebab kematian lainnya adalah akibat penyalahgunaan obat, naik sekitar 63 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com