Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2014, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Usia ketika seorang gadis mendapatkan haid pertama kemungkinan besar berpengaruh pada risikonya menderita serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Wanita yang pertama kali menstruasi sebelum berusia 10 tahun atau setelah usia 17 tahun memiliki risiko lebih besar menderita penyakit-penyakit tersebut.

Menarche atau dimulainya siklus menstruasi secara penuh biasanya berlangsung lebih awal pada anak yang obesitas. Karena itu kaitan antara haid yang lebih cepat dengan risiko penyakit jantung di usia lanjut bisa diketahui.

"Menarche merupakan tanda pubertas dan awal fungsi hormon endokrin yang berkaitan dengan reproduksi. Tapi mengapa waktu menarche berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit pembuluh darah masih belum jelas," kata Dr.Dexter Canoy dari Universitas Oxford.

Peneliti melakukan kajian data kesehatan pada lebih dari satu juta wanita Inggris berusia 50-64 tahun, termasuk riwayat kesehatan dan reproduksinya. Dalam masa penelitian selama 11 tahun, hampir 250.000 wanita dirawat di rumah sakit atau meninggal akibat komplikasi tekanan darah tinggi, 73.000 menderita penyakit jantung dan lebih dari 25.000 mengalami stroke.

Mereka yang pertama kali menstruasi di usia 13 tahun, mencapai 25 persen dari subjek yang diteliti, memiliki risiko paling rendah mengalami gangguan jantung selama periode penelitian.

Dibandingkan dengan wanita tersebut, 4 persen dari subjek yang pertama kali haid di usia 10 tahun atau lebih muda, memiliki risiko 27 persen menderita penyakit jantung.

Risiko tersebut tetap tinggi meski para ahli memperhitungkan faktor risiko lainnya, seperti ukuran tubuh, kebiasaan merokok dan status sosial ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com