Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Bisa Naik Berapa Kilogram Saat Liburan?

Kompas.com - 22/12/2014, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Saat liburan akhir tahun seperti sekarang, rasanya sulit untuk menghindar dari makanan enak. Tapi, kalau mengingat perjuangan dalam menurunkan berat badan rasanya jadi enggan untuk mencicipi aneka hidangan lezat saat liburan nanti.

Sebenarnya, kenaikan berat badan yang diakibatkan oleh pola makan yang sedikit tidak terkendali saat liburan tidak sebanyak yang kita pikirkan.

Memang ada penelitian yang menyebutkan, pola makan berlebihan saat liburan bisa menyebabkan berat badan naik antara 2,2 - 4,5 kilogram. Namun, penelitian itu dibantah oleh studi lain.

Selama libur Thanksgiving dan Tahun Baru, ternyata rata-rata kenaikan berat badan yang bisa dialami hanyalah sekitar 0,3 kilogram.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melacak fluktuasi kenaikan berat badan 195 orang dewasa selama empat kali masa liburan (dimulai dari akhir September sampai akhir Februari), meliputi Thanksgiving, Natal, sampai Tahun Baru.

Tapi harus disadari bahwa penambahan berat badan bisa saja melebihi angka tersebut. Kuncinya adalah tetap bergerak. Liburan bukan berarti Anda hanya bermalas-malasan di kursi. Agendakan aktivitas liburan di luar ruangan bersama keluarga.

Atur pula pola tidur. Penelitian menunjukkan kebiasaan begadang akan meningkatkan hormon rasa lapar dan menurunkan hormon rasa kenyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com