Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2014, 12:00 WIB


TANYA:

Saya sudah 6 tahun menikah dan punya 2 anak tanpa ada masalah dalam kehidupan seksual walau suami kerja di Kalimantan dan cuti tiap 2 bulan. Cuma beberapa bulan belakangan ini suami butuh waktu lebih lama untuk foreplay agar bisa ereksi dan ereksinya tidak sekeras dulu. Pola hidup suami sih kayaknya sehat dan merokok pun jarang banget paling-paling kalo lagi ngumpul teman. 

Suami juga rutin minum air rendaman akar pasak bumi asli. Bukan soal obat kuat sih cuma ikutin kebiasaan masyarakat setempat agar tidak diganggu nyamuk, soalnya suami kerja di tengah hutan. Pernah ini saya bicarakan dengan suami dan dia bilang sih mungkin karena umur. Padahal yang saya dengar, laki-laki usia 40 itu lagi kuat-kuatnya sampai dibilang masanya puber kedua. Adakah kajian medis tentang akar pasak bumi? Kalo bener itu obat kuat masa jadi gini padahal rutin mengkonsumsi. Terima kasih.

Siti Mutmainah (36), Jakarta

JAWAB:

Mengenai pasak bumi, terus terang tidak banyak penelitian yang menyatakan pasak bumi benar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ereksi. Yang pasti, ada kapsul yang tertulis antara lain mengandung pasak bumi, tetapi ternyata dicampur obat untuk disfungsi ereksi.

Apa yang dialami suami, tampaknya telah menjawab pertanyaan Anda. Ternyata tidak terbukti ya? Jadi kalau memang Anda merasakan ereki suami tidak optimal atau terganggu, sarankan dia untuk berkonsultasi lebih lanjut.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com