Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Sedalam Apakah Anda Mengetahui Tentang Operasi Plastik Mata ala Klinik Operasi Plastik Wonjin Seoul Korea?

Kompas.com - 24/12/2014, 09:18 WIB
advertorial

Penulis

Operasi plastik mata, atau yang dalam bahasa kedokteran disebut Blepharoplastyadalah suatu prosedur yang paling banyak dilakukan di Korea. Pada umumnya karakteristik mata orang Asia termasuk Korea tidak memiliki kelopak mata ganda, kecil dan bentuknya ramping. Oleh karena itu telah banyak dikembangkan metode operasi untuk mendapatkan mata yang besar, indah dan bersinar dengan membuat lipatan kelopak mata, epicanthoplasty dan lateral canthoplasty, dll

Semakin banyak orang yang telah melakukan operasi kelopak mata ganda sehingga apabila seseorang berkata bahwa ia telah melakukan operasi plastik mata, maka biasanya orang berpikir bahwa yang dimaksud adalah operasi kelopak mata ganda sederhana. Namun sebenarnya operasi kelopak mata ganda itu bukan operasi yang mudah. Operasi plastik mata bukan hanya operasi untuk membuat kelopak mata ganda saja, namun ada banyak prosedur lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Ada beberapa jenis operasi kelopak mata ganda. Berdasarkan metode operasi, ada operasi tanpa sayatan, dengan sayatan, dan dengan sayatan parsial. Berdasarkan bentuk lipatan kelopak mata ada bentuk infold, outfold, in-outfold. Disebut infold apabila lipatan kelopak mata berada pada posisi tumpang tindih dengan garis bulu mata. Disebut outfold apabila pada posisi di atas garis bulu mata dan disebut in-outfold apabila hanya sedikit menyentuh garis bulu mata (lihat gambar). Dokter spesialis bedah plastik akan membantu memilih bentuk kelopak mata yang cocok dengan bentuk wajah Anda dan metode operasi yang disesuaikan dengan keadaan kelopak mata Anda.

Jika operasi kelopak mata ganda adalah prosedur yang umum pada operasi plastik mata, maka operasi kantoplasti dan koreksi ptosis adalah prosedur yang telah diupgrade. Seseorang tidak bisa disebut cantik hanya dengan membuat kelopak mata untuk membesarkan matanya. Proporsi lebar dan panjang mata, bentuk mata dan wajah secara keseluruhan, serta besar dan panjang mata juga harus dipertimbangkan. Operasi plastik mata disebut sukses apabila seseorang tampak berbeda meski tanpa operasi yang lainnya. 

Misalnya, seseorang dengan mata yang besar dan kelopak mata ganda yang jelas berkesan keras dan kejam apabila ujung luar matanya naik. Kasus ini dapat diatasi dengan menurunkan ujung luar mata. Seseorang dengan kedua mata yang jauh satu sama lain membuatnya tampak frustrasi dan bahkan hidung juga tampak rendah. Hal ini bisa diatasi dengan prosedur epicanthoplasty. Prosedur ini membuat mata tampak lebih segar dan penampilan lebih cerah, bahkan hidung juga tampak mancung. Ada juga seseorang dengan otot kelopak mata untuk membuka mata yang lemah sehingga tampak mengantuk. Hal ini dapat diatasi dengan koreksi ptosis untuk mengencangkan otot-otot yang digunakan untuk membuka kelopak mata sehingga mata lebih jelas dan tampak besar. Prosedur ini banyak diminati oleh kaum muda zaman sekarang.

Selain itu, seiring dengan proses penuaan, bagian bawah mata menjadi lebih tebal karena adanya penumpukaan lemak sehingga seseorang menjadi tampak marah dan lebih tua. Hal ini dapat diatasi dengan operasi pengangkatan lemak bagian bawah mata. Selain itu kelopak mata kendur juga dapat diatasi dengan prosedur upper blepharoplasty dan kerutan di bawah mata dapat diperbaiki melalui prosedur lower blepharoplasty.

Pada dasarnya, operasi plastik mata bukanlah suatu prosedur yang sederhana. Operasi ini merupakan operasi plastik yang paling populer namun juga merupakan salah satu operasi yang paling tinggi frekuensi revisinya. Jenis operasi juga sangat beragam dan hanya dengan perbedaan yang sangat kecil, penampilan seseorang dapat berubah secara keseluruhan. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan operasi plastik mata, lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli spesialis untuk mendapatkan bentuk mata yang ideal sesuai yang Anda harapkan.

Untuk informasi lebih lanjut klik: www.wonjinbeauty.com. (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com