Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Rahasia Rasio Emas Dalam Bedah Plastik Mata

Kompas.com - 24/12/2014, 19:03 WIB
advertorial

Penulis

Operasi plastik mata adalah suatu bentuk bedah plastik estetika yang paling populer. Sebagaimana yang telah Anda ketahui, mata adalah jendela jiwa seseorang. Mata seringkali menjadi fitur pertama yang diperhatikan orang dan sangat mempengaruhi kesan pertama seseorang. Bentuk mata yang berubah sedikit saja dapat mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan. Waktu pemulihan yang lebih singkat, biaya operasi yang relatif murah dibanding bedah plastik lainnya telah mendorong operasi plastik mata menjadi bedah plastik estetika yang paling sering dilakukan oleh kaum wanita.

Meskipun operasi plastik mata telah menjadi sangat umum, frekuensi operasi ulang serta ketidakpuasan pasien setelah operasi juga sangat tinggi. Ahli spesialis bedah plastik Park Wonjin (Kepala Klinik Bedah Plastik Wonjin Seoul Korea) memaparkan tips-tips agar operasi plastik mata berjalan lancar dan sukses beserta hal-hal yang perlu diperhatikan.

- Rasio Emas 1:1:1

-
Rasio yang dimaksud disini adalah rasio yang paling cantik, paling ideal, dan paling aman. Mata yang cantik juga mempunyai rasio ini. Bila kita lihat lebih jelas, maka mata cantik milik para selebritis memiliki kesamaan , yaitu rasio emas 1:1:1 pada mata dan jarak antara mata mereka.

Rasio 1:1:1 adalah saat wajah dilihat dari depan, perbandingan antara panjang diameter lebar mata, panjang antara mata, serta panjang diameter lebar mata yang lain. Rasio ini adalah rasio mata yang paling ideal sehingga disebut sebagai rasio emas mata.

Indikator objektif yang mendefinisikan wajah cantik adalah ‘ukuran dan posisi wajah yang harmonis’. Rasio 1:1:1 memenuhi persayatan ini. Rasio ini membuat kaum awampun dengan mudah memahami apa yang disebut mata indah dan juga untuk memastikan apakah matanya memiliki rasio emas ini atau tidak.

- 39% VS 42%

Jika rasio mata dengan jarak antara mata adalah 1:1:1, maka besar dan rasio mata dibanding keseluruhan wajah yang ideal adalah 39% vs 42%. 39% mengacu pada panjang horizontal kedua mata dibanding lebar wajah secara keseluruhan.

Dapat dikatakan rasio yang ideal adalah jika panjang horizontal kedua mata dibanding lebar keseluruhan wajah adalah 39%. Lebar wajah adalah garis melintang lurus pada kedua mata dan panjang kedua mata adalah diameter terpanjang dari kedua mata.

Sementara rasio emas untuk garis vertikal mata adalah 42%. Dikatakan ideal jika panjang garis vertikal kedua mata dibanding panjang garis horizontal kedua mata adalah 42%. Panjang vertikal adalah panjang yang terpanjang dari tengah mata saat mata dalam keadaan terbuka normal.

Rasio emas pada operasi plastik mata bisa jadi merupakan suatu indikator mata yang cantik dan bisa dijadikan patokan dalam mendisain mata yang indah. Meskipun demikian, para ahli spesialis berpendapat bahwa rasio ini tidak bisa terlalu dipercaya. Dokter Park Wonjin berkata, “Mata adalah salah satu faktor terbesar yang menentukan kesan seluruh wajah. Oleh karena itu, kunci dari bedah plastik mata adalah memperhitungkan keseimbangan dan keharmonisan wajah secara keseluruhan.” “Kadang-kadang, dokter-dokter yang minim pengalaman kurang mempertimbangkan keharmonisan wajah dan hanya memaksakan rasio emas saja. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan hanya dengan berpegangan pada rasio ini saja” tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut klik: www.wonjinbeauty.com. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com