Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2014, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Kalium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh. Asupan kalium yang cukup terkait dengan turunnya risiko kematian 20 persen dari segala penyebab, menurunkan risiko stroke dan tekanan darah, dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

Kalium merupakan salah satu dari tujuh mineral penting yang dibutuhkan tubuh, bersama dengan kalsium, magnesium, fosfor, natrium, klorida, dan sulfur.

Fungsi utama kalium dalam tubuh diantaranya membantu membangun dan menggerakkan otot-otot, memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, mensintesis protein, mengatur aktivitas elektrik jantung, menjaga volume cairan tubuh dan menjaga agar sel berfungsi normal.

Kalium tidak menyembuhkan atau mencegah penyakit jantung. Tapi asupan kalium yang cukup dapat melindungi jantung dengan beberapa cara, seperti membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Pilihlah sayur dan buah sebagai sumber kalium.

Kalium juga membantu meningkatkan masalah yang berhubungan dengan irama jantung. Mineral ini berperan dalam detak jantung, jadi jika Anda menderita masalah irama jantung, kalium mungkin akan sangat bermanfaat.

Makanan yang kaya kalium menciptakan lingkungan basa dalam tubuh yang melawan asidosis yang disebabkan oleh diet yang tidak sehat. Makanan yang tinggi asidosis seperti daging dan sereal olahan memicu asidosis metabolik. Hal ini menyebabkan hilangnya kepadatan mineral tulang dan melemahkan otot-otot.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menelan 5266 miligram kalium per hari memiliki rata-rata 1,6 kilogram lebih sedikit jaringan massa lemak daripada orang yang mengasup kalium 50 persen lebih rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Sumber kalium terbaik

Memperbanyak buah-buahan dan sayuran dalam pola makan adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan kalium. Produk susu, biji-bijian, daging, dan ikan juga merupakan sumber kalium.

Makanan kaya kalium juga termasuk kentang, tomat, buah-buahan segar, terutama pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis dan kacang polong, dan buah-buahan kering.

Dianjurkan agar Anda menjaga asupan 4.700 mg kalium per hari untuk kesehatan yang baik. Cara termudah untuk mendapatkan jumlah ini adalah dengan menambahkan buah-buahan dan sayuran tinggi kalium dalam diet. (Eva Erviana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com