Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2014, 13:56 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com –  Minum alkohol tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika diminum dalam jumlah banyak. Sering kali seseorang tak sadar bahwa alkohol telah merusak fungsi hatinya. Berikut 10 tanda Anda telah terlalu banyak meneguk alkohol.

1. Terbangun untuk buang air kecil saat tidur malam
Bangun beberapa kali di malam hari untuk ke toilet bisa menjadi tanda Anda sudah minum alkohol terlalu banyak. Rizwan Hamid, seorang konsultan ahli bedah urologi di London Urologi Associates menjelaskan, dalam tubuh terdapat hormon antidiuretik yang mengatur jumlah urin. Hormon ini membuat volume urin lebih sedikit pada malam hari.

"Pada malam hari, produksi hormon itu (antidiuretik) lebih banyak. Itulah sebabnya mengapa kita tidak perlu sering pergi ke toilet pada malam hari. Namun alkohol membuat produksi hormon ini menurun sehingga membuat Anda menghasilkan lebih banyak urin,” jelas Hamid.

2. Mata kering ketika bangun tidur
Terlalu banyak minum alkohol dapat membuat mata Anda terasa terasa kering. Rob Scott, seorang dokter mata dan konsultan di BMI Priory Hospital Birminghan mengatakan, alkohol tidak hanya membuat seluruh tubuh dehidrasi, tetapi juga bagian mata.

"Mata Anda menjadi lebih lengket saat bangun tidur karena minum alkohol," kata Scott.

Hal ini pun telah dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di jurnal Ophthalmology. Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang diberi dosis alkohol lebih banyak akan mengalami mata kering ketika bangun pukul 08.00 pagi, dibanding mereka yang tidak minum.

3. Tidak sabar untuk minum alkohol
Pernahkah Anda berpikir bahwa dengan minum segelas anggur dapat membantu Anda melalui hari yang sulit?  Konsultan psikiater di Rumah Sakit Priory, London, Claudia Bernat mengatakan,hal itu bisa menjadi tanda Anda terlalu banyak konsumsi alkohol dan bisa menjadi masalah serius.

Misalnya, ketika sampai di rumah, yang ada dipikiran Anda adalah bisa minum alkohol, bukan bisa melihat keluarga Anda.  Bernat mengatakan, banyak orang meneguk alkohol untuk menghilangkan depresi. Padahal jika diminum berlebihan akan mengganggu kesehatan.

4. Diare
Terlalu banyak minum alkohol juga bisa membuat masalah  pada perut Anda seperti diare. "Ini mungkin karena Anda tidak menyerap semua kelebihan cairan yang diminum dan hasilnya adalah kotoran yang berair," kata David Sanders, profesor gastroenterologi dari Rumah Sakit Hallamshire Royal, Sheffield.

Andrew Langford, chief executive dari badan amal British Liver Trust mengatkaan, jika diare terjadi secara teratur maka bisa menjadi tanda kerusakan pada fungsi hati.

“Jika warna urin Anda lebih gelap dari biasanya dan Anda tidak dehidrasi, itu bisa menjadi tanda peringatan awal bahwa hati Anda tidak menyaring sel darah dan limbah lainnya secara efektif," terang Langford.

5.
Pemarah dan pelupa
Terlalu banyak konsumsi alkohol bisa mempengaruhi fungsi otak. Alkohol membuat seseorang menjadi pemarah dan pelupa. Guy Meadows, direktur klinis The Sleep School di London menyatakan bahwa terlalu banyak minum alkohol membuat seseorang lelah karena kualitas tidur terganggu. Kondisi itu kemudian membuat seseorang hilang konsentrasi atau sulit fokus.

6. Kualitas tidur buruk
Terlalu banyak minum alkohol membuat kualitas tidur Anda menjadi terganggu. Seperti diketahui, menurut dokter Meadows, hampir 60 persen pecandu alkohol menderita insomnia.

Pola tidur yang buruk juga bisa tetap berlangsung meski seseorang telah memutuskan untuk berhenti minum alkohol. Sebab, minum dalam jangka panjang dapat mengganggu neurotransmitter dan  GABA (gamma-aminobutyric acid) yang menenangkan aktivitas otak.

Untuk itu, Anda harus benar-benar berhenti minum alkohol untuk membuat tidur kembali normal.

7. Tidak mudah mabuk
Sarah Jarvis, seorang dokter dan penasihat medis dari Drink-Aware mengatakan, seseorang yang tidak merasa mabuk merupakan tanda ia biasa minum alkohol secara teratur dalam jumlah banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com