Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2015, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Melakukan rutinitas dengan telaten adalah hal yang baik. Tapi terkadang rutinitas dapat menjadi bumerang untuk Anda, terutama untuk latihan olahraga.

"Melakukan gerakan yang sama pada waktu yang sama dan melihat dinding yang sama di gym memiliki efek negatif pada tujuan yang ingin dicapai," kata Garson Grant, master trainer di Chelsea Piers, New York.  Ia mengatakan, jika beberapa dari situasi ini terdengar akrab, mungkin sudah saatnya mengubah sesi olahraga Anda.

- Tak ada hasil yang terlihat

Ketika pertama kali memulai suatu rutinitas, Anda cenderung akan lebih cepat melihat hasilnya, namun setelah beberapa bulan rasanya seperti berjalan di tempat.

"Berolahraga memberi tekanan pada tubuh, dan pada satu titik tubuh belajar beradaptasi, jadi tak akan ada lagi kemajuan," kata Grant. Untuk menyiasatinya tak perlu melakukan sesuatu yang drastis. Terkadang, mengubah jumlah hitungan atau menaikkan kecepatan bisa mempercepat kemajuan.

- Bosan

Mengulang dan melakukan rutinitas yang sama dalam urutan yang sama terus menerus tentu membosankan. Pastikan latihan Anda memiliki banyak variasi: mengangkat, latihan interval, latihan berat badan, apa pun itu sebaiknya dicampur. Bahkan melakukan olahraga di luar ruangan bisa menyuntikkan motivasi baru.

- Sering cedera

Otot tegang dan keseleo seringkali berasal dari cedera stres yang berulang. "Anda mungkin melakukan gerakan yang sama tanpa variasi, melebihkan kerja otot-otot dan tidak pernah memberi mereka kesempatan untuk sembuh," kata Grant.

Mulailah membuat variasi rutinitas dalam jumlah cukup sehingga latihan Anda menggunakan otot yang berbeda, atau latihan beban yang tidak bergantung pada kelompok otot yang sama dengan cara yang sama.

- Setelah latihan sangat lelah

Wajar jika setelah latihan Anda sedikit lelah, tapi tidak sampai kehabisan energi. Kelelahan berlebihan adalah salah satu tanda Anda perlu makan lebih, istirahat lebih, atau mengevaluasi program intensif yang dijalani.

- Terasa seperti kerja

Jika rutinitas Anda terasa membosankan dan mendekati babak seperti tahanan yang dijatuhi hukuman membelah batu, saatnya untuk melangkah mundur dan mencari cara untuk membuatnya terasa lebih menyenangkan. "Atau setidaknya, mengubahnya menjadi lebih dari sebuah tantangan, kata Luke Guanzon spesialis latihan kekuatan dari New York.

- Tak ada waktu yang tepat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com