Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2015, 07:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Ingin mencegah resiko berbagai penyakit? Hidup sehat selalu menjadi jawabannya. Berdasarkan sebuah penelitian, kebiasaan hidup sehat pun sangat efektif mengurangi resiko seorang wanita terkena penyakit jantung.

Para peneliti mengamati hampir 70.000 wanita selama dua dekade. Peneliti mencatat semua kasus penyakit jantung dan kematian yang terjadi pada para wanita itu. Mereka melihat gaya hidup para wanita dari sisi apakah dia merokok, konsumsi alkohol, bagaimana indeks massa tubuhnya, aktivitas fisiknya, kebiasaan menonton TV dan kualitas dietnya.

"Kami ingin mencari tahu apakah proporsi kasus penyakit jantung dapat dikaitkan dengan kebiasaan yang tidak sehat," ujar Andrea Chomistek, seorang peneliti di Indiana University School of Public Health-Bloomington seperti dikutip dari Livescience.com.

Penelitian ini melibatkan para wanita dengan usia rata-rata 37 tahun dan juga wanita yang mengidap penyakit jantung pada usia rata-rata 50 tahun.

Para peneliti menentukan enam kebiasaan sehat yaitu, tidak merokok, tidak mengosumsi lebih dari satu minuman beralkohol per hari, memiliki indeks massa tubuh dalam batas normal (18,5-24,9), olahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggu, menonton TV kurang dari 7 jam per minggu, dan banyak makan sayur, biji-bijian, dan kurangi daging merah, biji-bijian olaha, serta gula.

Hasilnya, para wanita yang melakukan enam kebiasaan sehat itu, 92 persen lebih rendah terkena resiko serangan jantung dibandingkan dengan wanita yang tidak menjalani kebiasaan sehat. Mereka yang hidup sehat juga 66 persen lebih rendah untuk beresiko diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi atau kolesterol  tinggi .

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan orang-orang yang memiliki gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan yang beresiko penyakit jantung untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan pola makan baik dan sering olahraga.

"Wanita harus mulai mengikuti praktek gaya hidup ini dalam kehidupan mereka. Terutama jika mereka sebelumnya sudah melakukan pengobatan untuk hipertensi atau kolesterol tinggi. Kebiasaan hidup sehat ini adalah cara mudah untuk mencegah masalah jantung di masa depan,” kata Chomistek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com