Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Keluarga Bantu Pecandu Lepas dari Ketergantungan Narkoba

Kompas.com - 07/01/2015, 12:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran keluarga sangat penting selama pecandu narkoba menjalani rehabilitasi. Pendampingan keluarga yang tak pernah putus dapat membantu pecandu narkoba untuk benar-benar berhenti menggunakan obat-obatan terlarang itu. Dalam rehabilitasi, keluarga pun ikut mendapat terapi.

“Peran keluarga itu penting sekali. Sangat penting. Makanya dalam suatu terapi itu ada yang namanya family therapy,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, Danardi Sosrosumihardjo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/1/2015).

Psikiater akan memberikan masukan pada keluarga bagaimana mengatasi seorang pemakai narkoba ketika kembali ke rumah. Dukungan dari keluarga tak bisa berhenti setelah pecandu berhasil melewati proses rehabilitasi.

Menurut Danardi, tidak ada satu perlakuan sama yang diberikan pada orang yang sudah menjalani rehabilitasi karena ini tergantung karateristik seorang pengguna narkoba tersebut.

“Keluarga memahami bahwa ini suatu proses untuk sembuh, melepaskan diri dari narkoba. Terlalu di-protect juga salah, tergantung karakter orangnya maunya seperti apa. Prinsipnya adalah dibangun suatu kepercayaan, si orang yang memakai narkoba juga harus sadar. Ini individual sifatnya,” terang Danardi.

Selain keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar juga berperan untuk membuat seseorang tak lagi terjerumus dalam narkoba. Menurut Danardi, utamanya memang butuh kekuatan dalam diri seorang pengguna narkoba terlebih dahulu untuk berhenti.

“Untuk tidak mencoba (narkoba) lagi harus punya power yang sangat kuat,” kata Danardi.

Danardi mengatakan, tidak ada rehabilitasi yang menjamin 100 persen seseorang akan berhenti menggunakan narkoba seumur hidupnya. Namun, rehabilitasi akan sangat membantu seseorang yang berniat berhenti narkoba.

“Rehabilitasi itu adalah senjata. Kalau kita mau menggunakan senjata itu dengan baik, kita bisa terbebas seumur hidup. Kalau tidak, jatuh lagi, dan jatuh lagi,” ujar dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com