Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2015, 09:43 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com– Apa rahasia seseorang tetap awet muda? Mungkin bersepedalah jawabannya. Bersepeda merupakan salah satu olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan oleh anak-anak hingga usia tua. Banyak orang-orang berusia sekitar 70 tahun yang masih kuat mengayuh sepeda.

Menurut ilmuwan, bersepeda dapat membuat tubuh dan juga pikiran tetap muda. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pesepeda berusia 55-79 tahun secara fisik terlihat jauh lebih muda daripada kebanyakan orang di usia tersebut yang tidak bersepeda.

Penelitian ini melibatkan 81 laki-laki dan 41 wanita. Mereka mejalani tes ekstensif yang meliputi tes kekuatan hati, paru-paru, refleks, otot dan tulang, serta kemampuan mental.

Dalam penelitian ini, responden pria dan wanita mampu menempuh jarak 100 kilometer dengan bersepeda di bawah 6,5 jam dan 60 kilometer dalam 5,5 jam. Penelitian tidak melibatkan pesepeda yang juga seorang perokok, peminum berat, dan orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Hasilnya, orang tua yang bersepeda memiliki kekuatan otot yang sama dengan orang yang usianya 25 tahun lebih muda. Begitu pula dengan kekuatan paru-paru mereka.

Bersepeda membuat mereka tetap bergerak aktif. Pemimpin tim peneliti dari King Collage Londong, dokter Ross Pollock mengatakan, orang-orang yang tidak bergerak aktif dapat mengalami masalah pada fungsi fisiologis. Profesor Norman Lazarus pun mengatakan bahwa tetap aktif dapat meningkatkan fungsi-fungsi dalam tubuh.

“Bersepeda tidak hanya menjaga kesehatan mental, melibatkan banyak sistem kunci dalam tubuh, seperti otot, jantung dan paru-paru, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda “ kata Lazarus.

Menurut peneliti, masalah fisiologis pada seseorang dalam usia berapa pun disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Bergerak aktif memegang peranan penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bersepeda pun dapat menjadi pilihan seseorang agar awet muda tanpa perlu mendatangi klinik kecantikan atau konsumsi obat-obatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com