Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2015, 10:00 WIB


KOMPAS.com -
Menjadi seorang wanita ternyata memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Salah satu manfaat positif tersebut antara lain karena efek perlindungan dari hormon-hormon wanita, selain juga pilihan gaya hidup wanita yang sedikit berbeda dengan pria.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan membuat Anda merasa beruntung terlahir dengan dua kromosom X.

- Berumur panjang

Dalam urusan usia, wanita lebih juara. Rata-rata usia seorang wanita bisa 10 tahun lebih lama dibandingkan dengan pria. Menurut Nieca Goldberg,  direktur medis program jantung wanita di New York, hal itu ada kaitannya dengan lebih sedikitnya wanita yang menderita penyakit jantung.

"Tapi itu mungkin juga akibat wanita yang  lebih menjaga ikatan sosial yang kuat dengan teman dan keluarga, karena ikatan sosial terkait dengan umur panjang," katanya.

- Toleransi yang lebih tinggi terhadap rasa sakit

Pendapat bahwa pria menghadapi rasa sakit dengan tangguh sedangkan wanita lebih sensitif terhadap setiap sakit ternyata tidak tercermin tepat dalam penelitian.

Banyak penelitian yang menyajikan fakta bahwa perempuan tampaknya memiliki ambang nyeri yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki, kata Dr Goldberg. Ambang nyeri didefinisikan sebagai jumlah rasa sakit yang dirasakan dalam tubuh.

Tentu saja, masuk akal bahwa perempuan harus mampu menahan rasa sakit, mengingat pengalaman mereka saat melahirkan.

- Kanker kepala dan leher menyerang lebih banyak pria

Data menunjukkan, lebih banyak pria yang didiagnosis menderita kanker rongga mulut atau faring setiap tahunnya. Demikian juga dengna kanker kerongkongan. Banyaknya pria yang menderita kanker kepala dan leher antara lain dipengaruhi oleh konsumsi tembakau dan alkohol.

- Tingkat melanoma lebih rendah pada wanita yang lebih tua

Sebelum usia 45, tingkat melanoma, bentuk kanker kulit paling umum namun mematikan lebih tinggi pada wanita. Namun setelah usia itu, pria yang menanggung beban penyakit tersebut jumlahnya lebih signifikan.

- Memiliki penciuman lebih tajam

Tidak heran lilin, sabun, deterjen, dan parfum lebih difokuskan untuk hidung perempuan. Dibandingkan dengan pria, wanita tampaknya memiliki deteksi bau lebih tajam. Hal ini karena wanita memiliki hingga 50% lebih banyak sel di bagian otak untuk menerima sinyal tentang bau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com