Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2015, 13:00 WIB
Tanya:

Dok, saya merasa heran dengan semakin terbukanya orang-orang mencurahkan perasaannya di media sosial. Semua hal diumbar, termasuk pertengkaran dengan suami atau istri. Menurut dokter, sehatkah jika kita curhat di media sosial?

Saya memang orang yang termasuk introver. Segala hal yang saya rasakan, saya pendam sendiri. Akan tetapi, dari artikel yang saya baca, menyimpan perasaan sendiri pun tidak sehat. Namun, untuk cerita ke orang pun, saya merasa tidak nyaman. Memang, menyimpan perasaan sendiri terkadang membuat saya stres. Mohon pandangan dokter.
 
Medina (23), Jakarta

Jawab:

Medina yang baik,

Media sosial memang telah menjadi lingkungan dan rumah bagi sebagian orang. Mereka yang akrab dengan media sosial kadang tidak bisa membedakan mana yang harus dibagi di media sosial dengan apa yang harus disimpan sebagai bagian dari privasi pribadi. Kita tahu bersama jika apa yang sudah kita posting di media sosial adalah menjadi milik publik walaupun mungkin media sosial itu kita batasi hanya untuk teman-teman kita saja.

Ada beberapa orang yang ingin mengungkapkan perasaannya lewat tulisan. Ini kemudian jadi terbantu dengan maraknya media sosial. Namun, pertanyaannya apakah cukup baik jika kita menulis sesuatu yang pribadi di tempat umum?

Jika memang akrab dengan media sosial, mungkin tulisan kita bisa berupa tulisan di blog yang lebih sifatnya satu arah saja. Mungkin nama pun bisa disamarkan jika tidak ingin privasi terganggu. Hal yang perlu diperhatikan adalah apakah maksud dari apa yang kita lakukan.

Tidak semua orang bisa menulis dan harus menceritakan apa pun yang dialaminya kepada orang lain. Beberapa orang yang punya kepribadian tertutup mungkin tidak terlalu suka melakukan ini. Betul memang bercerita tentang apa yang kita rasakan dan pikirkan bisa membuat beban yang dialami menjadi lebih ringan, tetapi tidak asal cerita dan harus ke orang yang tepat.

Pesan saya buat Medina dan pembaca yang akrab dengan media sosial, hati-hati dengan media sosial, jangan sembarangan curhat di media sosial. Jika memang membutuhkan bantuan, ada baiknya berkunjung kepada pihak profesional di bidangnya. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com