Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersahabat dengan Pegal Linu Sehabis Olahraga

Kompas.com - 09/01/2015, 07:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR


KOMPAS.com -
Mereka yang lama tak olahraga atau baru rutin olah raga pasti merasa pegal linu sehari setelah olahraga. Pegal linu itu bisa menyebabkan kita sulit jalan atau bahkan kesulitan mengangkat tangan untuk menyisir rambut.

Pegal linu ini disebut DOMS atau delayed-onset muscle soreness. Ketidaknyamanan ini seharusnya tak bikin kapok. Ini pertanda otot sedang dilatih agar lebih kuat.

"Pegal linu itu artinya Anda sedang melatih otot yang jarang digunakan atau melatihnya otot yang sudah kuat agar lebih kuat lagi. Saat latihan itu terjadi sobekan dan trauma mikro dalam otot. Ketika otot pulih, otot jadi lebih kuat dan padat dari sebelumnya," kata pelatih kebugaran selebriti Harley Pasternak.

Pegal linu terjadi mungkin dalam hitungan beberapa jam setelah olah raga. Pasternak mengatakan pegal itu berlangsung selama satu hingga dua hari setelah olahraga. "Kita tak perlu khawatir justru harusnya bangga karena sedang membangun otot dan membakar kalori," ujarnya.

Kendati demikian, kita seharusnya juga mengenali perbedaan nyeri baik seperti DOMS dan jenis nyeri yang bisa jadi merupakan sinyal cedera terkait olahraga. Kita perlu waspada ketika mengalami nyeri tajam atau sensasi terbakar pada sekelompok otot saat olahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan olaraga dan istirahat. Lantas segera cari bantuan dokter ahli untuk mengatasinya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com