Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 5 Tahun Terinfeksi HIV lewat Transfusi Darah

Kompas.com - 12/01/2015, 15:19 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com — Seorang anak perempuan berusia 5 tahun di Tiongkok tertular HIV melalui transfusi darah. Menurut kantor berita Xinhua, gadis kecil yang nama panggilannya Maomao ini terinfeksi saat ia menjalani operasi penyakit jantung bawaan pada tahun 2010 di provinsi timur Fujian.

Maomao positif HIV pada tahun lalu setelah ia mengalami demam selama 17 hari. Pemerintah Fujian menyebutkan bahwa salah satu dari 8 donor yang darahnya dipakai dalam operasi tersebut berada dalam "periode jendela", yakni masa ketika virusnya belum terdeteksi meski ia sudah tertular, saat ia menyumbangkan darahnya. Donor tersebut belakangan baru diketahui positif HIV.

Menurut data terbaru dari National Health and Family Planning Commision, hampir setengah juta orang terinfeksi HIV/AIDS di Tiongkok. Pada tahun 1990-an, di daerah pinggiran Tiongkok, terutama provinsi Henan, paling banyak ditemukan kasus AIDS. Salah satu pemicunya adalah program donor darah yang digagas pemerintah. Donor darah tersebut ternyata tercemar dan menginfeksi 10.000 orang, termasuk di satu desa.

Saat ini hampir 90 persen kasus penularan HIV di negara tersebut melalui hubungan seksual, tetapi penularan lewat transfusi darah masih menjadi masalah.

Wu Zunyou, Kepala National Center for AIDS/STD Control and Prevention, menyebutkan bahwa setiap tahunnya terdapat 10 orang yang terinfeksi HIV lewat transfusi darah. Penapisan (screening) darah donor diketahui berhasil mendeteksi 2.237 kasus HIV/AIDS pada 10 bulan pertama di tahun 2014.

Pada kasus Fujian tersebut, selain bocah bernama Maomao, diketahui darah dari donor yang terinfeksi HIV itu juga diberikan kepada satu pasien lain. Saat ini pemerintah tengah melacak siapa pasien tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com