Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan yang Diperlukan untuk Batuk Berbulan-bulan

Kompas.com - 13/01/2015, 10:29 WIB

TANYA:
 
Yth dokter, Saya mengalami batuk hampir 7 bulan dan belum sembuh. Selama waktu itu saya sudah ke dokter dan meminum obat namun setelah obat habis saya kembali batuk. Dokter yang saya temui mendiagnosa saya mempunyai alergi terutama alergi suhu/cuaca dingin. Dia mengatakan saya mempunyai banyak dahak namun dahak hanya berwarna bening/putih. Obat yang diberikan lansoprazole, lactrin endorsteine 300 mg dan obat racikan.
 
Saya sempat sembuh namun kembali batuk lagi. Saya sempat putus asa dan berhenti meminum obat dan memilih olahraga jogging 2 kali setiap hari, minum teh hijau saat malam setiap hari dan minum susu bear brand. Sekarang berat badan saya menyusut dari 63 kg menjadi 51,5 kg. Saya ingat pada bulan Maret berat saya 63 kg.
 
Pertanyaan saya: 1. Apa yang harus saya lakukan agar saya sembuh? 2. Mengapa berat badan saya turun drastis? Apakah karena batuk saya atau yang lainnya? 3. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi alergi saya mengingat saat ini saya kuliah di Bandung yang bersuhu dingin? Terima kasih
 
Nb: - Ayah dan kakak pernah mengidap asma namun sudah sembuh. - Kota asal saya Cirebon yang bersuhu lebih panas
 
Marvin (21)


JAWAB:

Saudara Marwin di Bandung

Melihat riwayat keluhan saudara, batuk yang lama, batuk produktif atau banyak sputum, dan ada riwayat keluarga yang asthma, sesuai dengan diagnosis dokter yang merawat saudara, kemungkinan besar adalah karena faktor alergi.

Tapi, karena ada penurunan berat badan, kemungkinan lain harus dicari. Harus dilakukan pelacakan diagnosis lebih lanjut. Untuk itu sebaiknya  Anda  konsultasi ke dokter ahli penyakit dalam setempat atau dokter ahli paru.

Kemudian menjawab pertanyaan saudara:

1. Agar Anda sembuh, pastikan lagi penyebabnya. Konsultasi ke dokter penyakit dalam, atau dokter ahli paru setempat. Pengobatan nanti sesuai dengan hasil diagnosisnya.

2. Kalau batuk karena alergi, asthma,  biasanya jarang ada penurunan berat badan. Saya juga tidak tahu pasti penyebabnya. Batuk kronis dengan penurunan berat badan salah satu penyebab yang sering di Indonesia adalah karena TBC. Karena itu Anda harus konsultasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

3. Perbaiki stamina Anda dengan olahraga 30-40 menit setiap hari, diet yang sehat dengan banyak makan buah-buahan dan sayur, serta istirahat yang cukup. Banyak minum air hangat, hindari minuman dingin, pelajari juga kemungkinan makanan-makanan yang dapat mencetuskannya.

Bila saudara merokok, harus dihentikan, bahkan berada di dekat perokok pun harus Anda hindari.  Minum air jahe dari pengalaman saya juga dapat membantu.

Demikian, terimakasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com