Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Tren Operasi Plastik di Kalangan Siswa di Korea

Kompas.com - 15/01/2015, 09:50 WIB
advertorial

Penulis

Klinik-klinik operasi plastik di Korea selalu dipenuhi dengan gadis-gadis muda yang ingin melakukan operasi plastik setelah selesai suneung. Suneung, ujian kemampuan skolastik ke perguruan tinggi (CSAT) di Korea, memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang siswa di Korea. Suneung bahkan digambarkan sebagai kesempatan yang bisa membuat atau menghancurkan masa depan seseorang. Banyak siswa-siswi di Korea merayakan berakhirnya ujian ini dengan cara mempercantik dan mempertampan dirinya.

Pada umumnya mereka ingin memperbaiki bentuk mata dan hidungnya. Sebab operasi plastik mata dan hidung dianggap sederhana dan paling efektif dari segi ekonomis untuk mengubah penampilan seseorang.

Sesederhananya prosedur operasi plastik mata dan hidung, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang tidak memuaskan atau bahkan lebih buruk dari sebelum operasi. Berikut adalah saran dari Direktur Bedah Plastik Wonjin Seoul Korea, dokter Park Wonjin untuk mendapatkan hasil operasi plastik mata dan hidung yang memuaskan.
 
? Pemeriksaan menyeluruh sebelum operasi plastik mata 

Mata adalah bagian tubuh yang paling banyak dioperasi oleh para siswa ujian suneung. Terutama operasi kelopak mata ganda untuk membuat lipatan garis mata. Hal ini disebabkan para wanita Asia kebanyakan memiliki kelopak mata yang tebal. Selain itu mereka ingin tampak seperti selebriti Korea yang mempunyai mata yang besar dan menarik.

Tidak hanya operasi kelopak mata ganda saja, akhir-akhir ini epicanthoplasty, lateral canthoplasty, koreksi ptosis serta love band di bawah mata juga telah menjadi tren di kalangan para siswa.

Namun tidak berarti bawah mata besar itu selalu cocok untuk Anda. Jika setelah operasi, besarnya mata sebelah kanan dan kiri tidak seimbang maka penampilan akan terlihat agak canggung. Apalagi ada banyak kasus dimana Anda tidak dapat mengembalikan kembali hasil operasi yang gagal. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam melakukan operasi plastik.

Pada dasarnya ada metode tanpa sayatan dan metode sayatan dalam operasi plastik mata, lalu dibagi lagi menjadi metode sayatan parsial, epicanthoplasty, lateral canthoplasty, dll”, ungkap dokter Park Wonjin. “Operasi sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan hasil pemeriksaan detil dan menyeluruh sebelum operasi”, tambahnya.

? Mencari bentuk hidung yang cocok melalui operasi plastik virtual 

Operasi plastik hidung atau yang biasa disebut rhinoplasty adalah operasi yang dapat memberikan perubahan besar dalam penampilan seseorang tetapi juga merupakan salah satu operasi plastik yang paling banyak membutuhkan revisi sebab sulit untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Terutama untuk siswa-siswa muda, sebelum melakukan operasi plastik hidung, koreksi kontur wajah, atau operasi plastik lain yang melibatkan tulang, perlu dicek kembali apakah proses pertumbuhannya sudah berakhir atau belum. Selain itu kondisi fisik siswa peserta ujian suneung juga perlu diperhatikan.

Berikutnya metode operasi plastik juga perlu diperhatikan. Pada umumnya, operasi plastik hidung di mata kaum awam berarti memasukkan implan untuk memancungkan hidung. Pada kenyataanya, ada bermacam-macam jenis implan tergantung dari bentuk hidung, seperti silikon, siliteks, surgiform, tulang rawan sendiri, dll.

Untuk mengetahui bentuk hidung yang cocok untuk diri Anda, ada baiknya untuk mencoba operasi plastik virtual. Bedah plastik Wonjin Seoul Korea menggunakan 2D scanner dan CAD untuk memprediksi apakah metode operasi cocok atau tidak untuk masing-masing individu.

Selain itu, operasi plastik hidung juga perlu memperhatikan aspek fungsional hidung. Periksalah kembali apakah klinik tempat Anda akan melakukan operasi plastik juga bekerja sama dengan klinik THT atau tidak.

Kebanyakan siswa-siswi SMA yang telah menyelesaikan suneung ingin segera melakukan operasi plastik tanpa mencari tahu lebih dalam dan hanya mempercayai harga yang murah dan iklan yang menarik”, kata dokter Park Wonjin. “Adalah penting untuk mengetahui kondisi fisik diri sendiri lalu berkonsultasi dengan ahli spesialis untuk memilih operasi plastik yang paling sesuai dengan dirinya”, lanjutnya.

Untuk informasi lebih lanjut klik www.wonjinbeauty.com (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com