Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan 31 Kg dalam 3 Bulan

Kompas.com - 19/01/2015, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Berat badan berlebih bukan hanya merugikan penampilan tapi juga kesehatan. Hal ini juga dirasakan oleh Ricky Darmawan (27). Memiliki berat badan sekitar 170 cm dan berat badan mencapai 125 kg, Ricky menyadari ia harus serius menurunkan berat badannya. Berbagai metode diet yang dilakukannya tak memberikan kesuksesan.

Ricky mengaku pernah mencoba diet OCD ala Deddy Corbuzier, akupuntur, bahkan program latihan khusus di pusat kebugaran. Namun hasilnya kurang memuaskannya. "Hampir Rp 10 juta saya keluarkan, waktu juga banyak terbuang. Tapi diet-diet itu tidak memberikan rasa nyaman, justru menyiksa, padahal penurunannya tidak sesuai dengan yang diharapkan," kata pria yang berprofesi sebagai perencana pernikahan (wedding organizer) ini.

Tak mau putus asa, ia lalu tertarik mencoba mengikuti kompetisi penurunan berat badan yang diadakan oleh klinik lightHOUSe. Selama 3 bulan, sejak Juli 2014 20 finalis mendapatkan 10 kali sesi konsultasi serta 2 kali workshop yang diisi oleh para ahli gizi dan psikolog.

Ricky dan para finalis bukan hanya diberi edukasi mengenai makanan mana yang harus dihindari atau dikonsumsi sesekali, tapi juga diajari membuat rancangan pola makan.

Secara garis besar, dalam 3 bulan para peserta harus mengikuti 5 prinsip diet; yakni makan jika perut sudah merasa lapar, bukan karena lapar mata; menghindari gula, tepung, dan minyak; dalam sehari boleh melanggar aturan diet satu kali tapi mengusahakan agar tidak melanggar; memilih menu secara bijak dan memilih yang terbaik; mengutamakan protein baru karbohidrat.

"Kompetisi ini banyak memberikan metode-metode diet  yang mudah untuk diterapkan, sehingga tidak memberatkan si pelaku diet," kata Ricky.

Walau demikian ia mengaku pada awalnya juga menemui hambatan. "Awalnya masih suka tergoda untuk mengonsumsi makanan yang biasa. Tapi setelah dua minggu ternyata mudah kok diikuti," ujarnya.

Motivasi yang terus terjaga membuat Ricky akhirnya berhasil menurunkan berat badannya sampai 31 kilogram. "Sekarang saya merasa jauh lebih sehat," katanya.

Dari 20 finalis yang ada, para perserta lalu disaring menjadi 10 finalis. Ricky sendiri akhirnya menjadi juara 1, Wahyu Septia (25) menjadi juara 2 dengan total penurunan berat badan 19,2 kg dari 82,7 kg, dan Larasaty Aprillia (25) diperingkat tiga dengan penurunan berat badan sebanyak 17,3 kg dari 81,9 kg.

"Segala usaha dan kerja keras sudah dilakukan seluruh peserta, bukan karena tawaran hadiah tapi memang untuk hidup sehat dengan berat badan yang ideal," kata Ricky.

Setiap pemenang bukan hanya mendapatkan tubuh yang lebih ideal tapi juga mendapat hadiah tabungan dari Bank Mandiri, voucher produk makanan sehat dan keikutsertaan di pusat kebugaran, serta menjadi duta klinik lightHOUSE.  (Monica Erisanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com