Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rontgen Perlihatkan Liontin SpongeBob yang Ditelan Bayi

Kompas.com - 27/01/2015, 11:05 WIB

KOMPAS.com — Liontin kecil SpongeBob SquarePants baru-baru ini terlihat di tempat yang tak biasa. Karakter animasi yang terkenal dengan warna kuningnya ini ditemukan dalam kerongkongan seorang bayi berusia 16 bulan.

Bayi dari Arab Saudi tersebut dibawa ke rumah sakit karena orangtuanya curiga ia menelan sebuah benda. Namun, dokter sangat terkejut saat melihat hasil foto rontgennya yang menunjukkan adanya karakter kartun SpongeBob dengan wajah tersenyum dan lidahnya menjulur keluar.

Menurut dr Ghorfran Ageely, dokter radiologi di King Abdulaziz University Hospital, Jeddah, Arab Saudi, liontin berbentuk SpongeBob itu merupakan milik kakak perempuan bayi tersebut.

"Saat saya melihat hasil foto rontgen, saya hampir teriak, SpongeBob. Saya cukup kagum karena detail dari gambar tokoh kartun itu sangat jelas, bahkan kita bisa melihat bintik-bintik, sepatu, dan jarinya. Luar biasa," kata Aggely.

Dokter lalu mengeluarkan liontin tersebut dari kerongkongan si bayi tanpa ada komplikasi berarti. Ageely lalu membagi hasil foto rontgen tersebut ke Radiopaedia.org, semacam forum Wikipedia yang beranggotakan para ahli radiologi dan mahasiswa kedokteran untuk mendiskusikan kasus-kasus medis.

Walau melihat wajah SpongeBob dengan jelas dalam hasil rontgen adalah suatu hal yang unik, kasus bayi dan anak balita menelan benda-benda asing adalah hal yang ditemui para ahli radiologi setiap hari.

Terkadang obyek tersebut masuk ke sistem pencernaan anak tanpa ada hambatan, tetapi sering kali benda asing itu terperangkap dan butuh bantuan dokter. Foto rontgen sangat membantu dokter untuk memastikan dugaan orangtua yang curiga anaknya menelan sesuatu.

Orangtua yang mencurigai anak mereka menelan benda asing harus mewaspadai gejala-gejala seperti muntah, sakit perut, tersedak, batuk-batuk, atau mengiler. Segera bawa anak ke rumah sakit, terutama jika anak mengalami gejala susah bernapas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com