Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2015, 07:19 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com - Selama ini pengobatan alami dinilai efektif mengatasi penyakit namun butuh waktu untuk merasakan efeknya. Namun yoga ternyata punya teknik instan untuk mengatasi sinusitis.

"Jalaneti dan kapalabati adalah dua hal dalam yoga yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinusitis," kata guru yoga di Celebrity Fitness dan dokter naturopati Purushothaman Munirathinam saat peluncuran bukunya yang berjudul Detoks Yoga, Cara Instan Menurunkan Berat Badan di Jakarta hari ini.

Teknik jalaneti membutuhkan netipot, sejenis teko berisi air hangat dicampur garam. Guru yoga yang akrab disapa Puru ini memasukkan mulut teko itu ke lubang hidung kirinya dan air pun mengalir keluar dari lubang hidung kanannya. "Dengan teknik yang benar, cara ini efektif membersihkan hidung kita," ucap pria berdarah India ini.

Cara kedua adalah dengan teknik napas kapalabati. "Caranya, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan. Ambil napas dan pompa perut untuk buang napas dengan kuat sebanyak 40 kali. Ulangi lagi untuk lubang hidung kiri pula," katanya.

Membuang napas, menurut Puru, mengeluarkan karbondioksida yang sifatnya panas. "Panas ini bagus untuk menurunkan kelembaban di hidung. Teknik ini sangat bagus untuk mereka yang sering mengalami kambuh sinusitis di musim hujan dan di saat AC kantor terlalu dingin," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com