Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2015, 09:44 WIB
Dian Maharani,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com – Seberapa sering Anda melakukan maraton film atau terus-terusan menonton DVD dalam satu hari? Menurut peneliti, orang-orang yang melakukan maraton film maupun menghabiskan waktu dengan menonton serial televisi adalah tanda seseorang sedang depresi dan merasa kesepian.

Suasana hati yang sedang buruk membuat seseorang bisa betah menghabiskan berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menonton setiap episode program TV favorit secara online, maupun ‘melahap’ satu set DVD.

Hal ini dibuktikan dengan mengamati 316 orang berusia 18 sampai 29 tahun. Peneliti dari Universitas Texas di Austin menanyakan seberapa sering mereka menonton dan seberapa sering mereka mengalami emosi negatif seperti merasa kesepian dan depresi.

Hasil penelitian menunjukkan, semakin buruk suasana hati seseorang, maka akan semakin sering menonton. Menonton bisa mengobati rasa kesepian mereka dan depresi. Namun, maraton film membuat seseorang mengabaikan pekerjaannya dan hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Lebih dari itu, terlalu banyak menonton bisa jadi kecanduan yang berbahaya bagi kesehatan. Kebiasaan menghabiskan waktu dengan menonton memungkinkan Anda menjadi gemuk karena kurang banyak gerak. Anda juga akan merasa lebih lelah setelah terlalu banyak menonton TV.

“Kelelahan fisik, menjadi obesitas dan masalah kesehatan lainnya berkaitan dengan terlalu banyak menonton TV,” ujat peneliti utama Yoon Sung Hi seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Menurut peneliti, mereka akan sulit berhenti menonton meskipun tahu hal itu akan menghabiskan waktu mereka. Berdasarkan penelitian, mahasiswa di Amerika Serikat, mengaku bisa menonton 49 episode serial TV Lost dalam waktu dua minggu atau rata-rata 3 episode per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com