Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2015, 19:40 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber WebMD


KOMPAS.com
– Insomnia merupakan gangguan sulit tidur pada malam hari. Jika keesokan harinya harus kembali bangun pagi, Anda tidak akan mendapat tidur yang cukup. Berbagai penelitian telah menunjukkan, efek dari insomnia bukan hanya tubuh merasa lelah dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya.

Penelitian di Tiongkok menyebutkan, orang yang mengalami insomnia akan lebih berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi tidak dikendalikan lambat laun akan meningkatkan serangan jantung dan stroke.

Penelitian yang dilakukan di West China Hospital, Universitas Sichuan, Chengdu, Tiongkok ini mempelajari 219 orang yang mengalami insomnia dalam jangka panjang yaitu sulit tidur selama sekitar 6 bulan.

Kelompok kedua yaitu 96 orang yang tidak mengalami gangguan tidur dengan usia rata-rata 40 tahun. Sebanyak 60 persen peserta penelitian ini adalah wanita.

Peneliti memantau tidur mereka menggunakan Multiple Sleep Latency Test (MLST). Menurut penelitian, mereka yang mengalami insomnia jangka panjang dan membutuhkan waktu 14 menit untuk tertidur lebih berisiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika mereka membutuhkan waktu lebih dari 17 menit untuk tertidur, risiko darah tinggi pun lebih meningkat.

"Multiple Latency menunjukkan risiko hipertensi lebih tinggi pada mereka yang insomnia jangka panjang," ujar penulis penelitian dokter Alexandros Vgontzas yang fokus menangani gangguan tidur di Departemen Psikiatri, Pennsylvania State University College of Medicine, Amerika Serikat.

Insomnia pun harus segera ditangani untuk meningkatkan kualitas tidur. Menurut para peneliti, insomnia jangka panjang ini dapat menjadi keadaan hiperarousal atau gangguan tidur selama 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com