Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2015, 11:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis



KOMPAS.com -
Belakangan ini semakin banyak orang yang percaya diri tampil dengan ketiak putih dan mulus tanpa bulu. Ketiak mulus ini bisa didapat lewat beberapa cara.

Cara paling mudah mendapatkan ketiak mulus adalah dengan mencukur. Tapi pencukuran ketiak itu kerap meninggalkan bekas-bekas luka yang tak terlihat. Bila langsung memakai deodoran, bekas-bekas luka itu akan membuat ketiak malah jadi terlihat kehitaman karena iritasi.

Rambut di ketiak ini tumbuh dengan cepat. Lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan bulu kaki dan tangan. Pencukuran sifatnya sementara menghilangkan bulu ketiak dan hanya memotong rambut di permukaan kulit sehingga kita harus mencukur secara teratur agar permukaan ketiak tetap halus. Bila tidak, rambut di ketiak bisa tumbuh subur.

Dibandingkan dengan pencukuran sendiri, hasil penghilangan bulu dengan metode waxing terhitung cukup memuaskan. Risiko ketiak kehitaman karena dicukur bisa dikurangi dengan metode waxing.

Boleh dikatakan metode ini bersifat agak permanen. Rambut atau bulu tak diinginkan dicabut ke akarnya sehingga dibutuhkan waktu agak lama yaitu 3 sampai 6 minggu untuk tumbuh kembali. Lilin hangat yang diaplikasikan ke kulit itu memasuki folikel rambut. Akibatnya, rambut bisa tercabut sampai akarnya.

Kelemahan metode waxing adalah memaksa rambut untuk tercabut. Akibatnya, folikel rambut jadi mengerut. "Hal ini menimbulkan terjadinya ingrown hair  atau rambut yang tumbuh di dalam. Dari luar kulit tak tampak benar-benar mulus, terdapat bintik-bintik hitam yang menandakan rambut tumbuh di dalam," kata Diana Kusuma dari salon penghilang bulu Musee Platinum Tokyo yang baru buka di Jakarta.

Salon penghilang bulu yang sangat populer di Jepang ini menggunakan teknologi fash hair removal. "Di sini pelanggan mendapatkan analisa kulit terlebih dulu. Proses penghilangan bulu juga tidak menyakitkan. Sebelum dan sesudah perawatan kulit diberi gel pendingin," ujarnya. Memakai metode ini, ketiak mulus dapat terjaga selama dua hingga tiga bulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com