Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2015, 11:15 WIB

KOMPAS.com — Apakah tanggal rencana kelahiran Ibu tampaknya mundur-maju? Sudah sangat tak sabar ingin menggendong si kecil? Jika itu yang Ibu rasakan, Ibu mungkin ingin memberi tubuh Ibu sedikit dorongan untuk merangsang persalinan.

Meski tak ada satu teknik pasti apa pun yang bisa membujuk si kecil untuk lahir ke dunia (kecuali diinduksi oleh dokter, tentu saja), terdapat sejumlah cara alami, berdasarkan sejumlah penelitian, yang dianggap bisa mempercepat kelahiran—asalkan tubuh Ibu (dan si kecil) sudah siap untuk bekerja sama.

Namun, sebelum Ibu mencoba salah satu dari sembilan cara alami untuk mempercepat kelahiran berikut, pastikan untuk mendapat persetujuan sebelumnya dari dokter atau bidan Ibu. Lagi pula, Ibu tidak mau memaksa anak Ibu keluar dari perut sebelum dia benar-benar siap kan? Jika sudah mendapat "lampu hijau", silakan mencoba cara alami untuk mempercepat kelahiran berikut ini:

- Berjalan santai
Aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan santai dianggap bisa membantu mendorong si kecil ke arah panggul Ibu (berkat gaya gravitasi dan goyangan pinggul Ibu). Tekanan bayi ke panggul selanjutnya akan merangsang rahim untuk memulai proses kelahiran—atau membantu mempercepat proses menuju kelahiran jika Ibu sudah merasakan beberapa kontraksi sebelumnya.

Seandainya berjalan santai tidak membuat kelahiran Ibu menjadi lebih cepat, setidaknya Ibu akan lebih bugar pada hari persalinan kelak. Yang penting jangan berjalan terlalu banyak dan menjadi kelelahan sebelum hari besar itu karena Ibu akan membutuhkan semua energi yang bisa Ibu kumpulkan untuk mendorong bayi Ibu.

- Berhubungan badan
Meski hal itu tampaknya hampir mustahil dilakukan pada saat Ibu tengah hamil 40 minggu, tidak ada salahnya untuk memberi suami kesempatan membantu Ibu. Berdasarkan penelitian, sperma mengandung prostaglandin—hormon yang membantu menipiskan dan melebarkan rahim dan mematangkannya menuju proses kelahiran.

Selain itu, orgasme akan melepaskan hormon oksitosin, yang bisa memicu kontraksi. Bonus: usaha yang tidak memerlukan biaya ini pastinya akan bisa menghilangkan sejumlah ketegangan dari diri Ibu—utamanya saat Ibu tertawa ketika berusaha melakukannya. Berhubungan badan menjelang kelahiran juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menguatkan hubungan antara Ibu dan ayah sebelum si kecil hadir.  

- Minyak evening primrose/evening primrose oil (EPO).
Banyak bidan menyarankan penggunaan minyak evening primrose kepada pasien mereka yang hamil karena dianggap dapat membantu rahim menipis dan melebar sebagai persiapan kelahiran. Ibu dapat mengonsumsi minyak evening primrose, biasanya dalam bentuk kapsul, atau mengoleskannya di atas rahim Ibu di minggu-minggu terakhir kehamilan.

Namun, sebelum melakukannya, pastikan untuk mendiskusikannya terlebih dulu kepada bidan atau dokter Ibu—wanita dengan placenta previa (kondisi plasenta menempel di bagian bawah rahim sehingga bukan berada dalam posisi normal) harus menghindari tanaman tersebut.  

           

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com