Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang "Pede" Juga Bisa Bikin Pria Impotensi

Kompas.com - 20/02/2015, 11:12 WIB
Dian Maharani

Penulis

 


JAKARTA, KOMPAS.com –
Banyak faktor yang menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi. Selain dari segi fisik, disfungsi ereksi ternyata juga bisa dipengaruhi oleh kondisi psikologis pria.

Psikolog seksual Zoya Amirin mengatakan, sering kali disfungsi ereksi disebabkan ketika pria merasa tak percaya diri.

“Disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh rasa tidak percaya diri seorang pria. Sering kali yang bikin gagal ereksi itu karena pikirannya sendiri,” terang Zoya dalam acara peluncuran website tinggalminta.com di Jakarta, Selasa (18/2/2015).

Menurut Zoya, banyak pria yang merasa akan menjadi laki-laki sejati jika dapat menguasai performa seksualnya. Sehingga, sekali ia gagal memuaskan pasangan dapat menjadi beban pikiran seorang pria.

“Misalnya, dari 10 kali berhubungan seks, 9 kali berhasil dan 1 kali gagal. Tapi yang diingat terus oleh pria biasanya yang gagalnya saja,” ujar Zoya.

Masalah disfungsi ereksi pun dapat disembuhkan dengan diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Dokter spesialis andrologi Heru H Oentoeng menjelaskan, disfungsi ereksi merupakan ketidakmampuan alat vital pria atau penis untuk mencapai atau mempertahankan kondisi ereksi saat melakukan hubungan seksual.

Pria juga tak perlu malu untuk konsultasi masalah disfungsi ereksi kepada orang yang berkompeten. “Kondisi disfungsi ereksi seringkali tidak diperhatikan oleh penderitanya dan baru terdiagnosa setelah konsultasi ke dokter,” kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com