Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Gigi Ini Temukan Gejala Tumor Liver pada Pasiennya

Kompas.com - 20/02/2015, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Journee Woodard secara rutin memeriksakan giginya ke dokter. Siapa sangka, ternyata dokter langganannya itu justru menemukan gejala gangguan kesehatan pada livernya.

Journee adalah gadis cilik berusia 11 tahun dari Oklahoma, AS. Ketika ia sedang diperiksa giginya, perawat yang memeriksanya melihat ada yang ganjil, tapi pada matanya, bukan giginya.

"Ia mengatakan, mata Journee tampak berwarna kuning," ucap dokte gigi Journee, Michael Chandler. "Ia meminta saya untuk memeriksanya, dan itu terlihat tidak wajar."

Chandler kemudian memberi tahu ibu Journee untuk membawa putrinya ke dokter. Hasil pemeriksaan darah dan USG menunjukkan ternyata Journee memiliki tumor di liver dan pankreas. Ia lalu menjalani operasi untuk mengangkat tumor itu, termasuk sedikit bagian pankreas, lambung, dan kantung empedu.

Operasi yang dilakukan pada 5 Februari lalu dilakukan selama lebih dari sembilan jam untuk mengangkat tumor sebesar manggis. Karena butuh biaya cukup besar, orangtua Journee lalu mengadakan penggalangan dana dibantu oleh Chandler.

Di website-nya, dijelaskan bahwa tumor yang diangkat tak berpotensi menjadi kanker dan Journee diharapkan bisa segera pulang ke rumah. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com