Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2015, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Meski suplemen multivitamin bukan penentu kesehatan, tetapi studi terbaru menyebutkan wanita yang mengonsumsi multivitamin mineral selama 3 tahun atau lebih risikonya meninggal akibat penyakit jantung bisa diturunkan.

Penelitian ini dilakukan selam lebih dari 20 tahun. Namun, manfaat yang sama belum terlihat pada pria, wanita yang mengkonsumsi suplemen kurang dari tiga tahun atau siapa pun yang mengkonsumsi multivitamin tanpa kandungan mineral.

"Ini terlalu dini untuk mengetahui apakah penggunaan multivitamin mineral dari waktu ke waktu mampu mengurangi risiko kematian akibat kardiovaskular (atau masalah kesehatan lain serta penyebab kematian) pada wanita," Regan Bailey, yang memimpin penelitian.

Ia mengatakan, untuk mengetahuinya secara pasti harus membutuhkan pengujian klinis secara lanjut," katanya.

Menurut NIH, multivitamin mineral tercatat sebagai produk yang laris dibeli sebagai suplemen makanan dan lebih dari 40 persen untuk seluruh penjualan suplemen vitamin dan mineral. Lebih dari sepertiga orang Amerika mengkonsumsi, menghabiskan sekitar 5,5 milyar dollar setiap tahunnya.

Bailey mengatakan banyak perilaku kesehatan, seperti makan bergizi, berolahraga secara teratur dan tidak merokok yang secara jelas mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian.

"Mengkonsumsi multivitamin mineral seharusnya tidak dijadikan sebagai pengganti bagi setiap perilaku kesehatan tersebut," katanya. "Dan hal tersebut tidak jelas apakah dengan mengkonsumsi multivitamin mineral yang ditambahkan ke gaya hidup sehat akan memberikan keuntungan bagi kesehatan." (Monica Erisanti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com