Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberian Selai Kacang pada Bayi Cegah Alergi Kacang

Kompas.com - 26/02/2015, 09:28 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Tak semua anak bisa memakan kacang karena alergi. Namun, alergi kacang bisa dicegah. Berdasarkan penelitian terbaru, untuk mencegah anak alergi kacang justru dengan memberinya selai kacang sejak bayi. Hal ini dapat membantu melindungi anak atau mengurangi risiko alergi kacang.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 600 bayi di Inggris berusia 4 sampai 11 bulan yang berisiko tinggi terkena alergi kacang. Risiko tinggi itu pun dapat terugkap jika anak telah didiagnosis alergi telur dan terkena penyakit eksim yang diketahui berkaitan erat dengan elergi kacang.

Untuk membuktikan penelitian ini, sebagian anak-anak diberikan 6 gram selai kacang per minggu hingga usia 5 tahun.

Hasilnya, sekitar 17 persen anak-anak yang tidak diberi selai kacang justru menderita alergi kacang. Sementara itu hanya 3 persen anak-anak yang alergi kacang setelah sebelumnya rutin konsumsi selai kacang.

"Penelitian ini dapat mengubah cara kita untuk melakukan pencegahan alergi makanan," ujar dokter Anthony Fauci, Direktur US National Institute of Allergy dan Infectious Diseases yang mendanai penelitian ini.

Menurut Fauci, untuk mencegah alergi maknan bisa saja dengan pengenalan makanan itu sendiri sejak dini sehingga anak terbiasa.

Namun, penelitian ini belum jelas apakah perlindungan terhadap alergi dapat terus berlanjut jika anak-anak berhenti makan kacang. Para peneliti pun memperingatkan orangtua untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan bayi selai kacang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com