Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2015, 08:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Bagi yang ingin mengombinasi antara latihan aerobik  dengan kekuatan, cobalah melirik ke kettlebells. Alat berbentuk bulat dengan pegangan di bagian atasnya ini akan membantu melatih kekuatan maupun memperbaiki tingkat kebugaran. Dan, ini yang sangat diinginkan oleh kaum hawa, membentuk tubuh lebih seksi seperti Jennifer Lopez. 

Kettlebells sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja, alat ini populer dalam beberapa waktu terakhir. Di satu pusat kebugaran di Jakarta, kettlebells kerapkali terlihat digunakan oleh para instruktur untuk berlatih. 
 
Menurut J. Asher Falatic, dari departemen Kinesiology, San Jose State University, ini karena bentuknya berbeda dari dambel yang biasa dijumpai. Dan bisa digunakan untuk membantu melatih banyak bagian tubuh. 
 
Guna melihat manfaatnya, penelitian kecil dilakukan terhadap 17 pemain sepakbola wanita NCAA Divisi I. Bersama koleganya, Falatic, pimpinan penelitian tersebut, mengukur efek latihan kettlebell terhadap kapasitas aerobik, yaitu kemampuan dari jantung dan paru untuk mengonsumsi oksigen serta mengantarkannya ke otot. 
 
"Kapasitas aerobik, disebut juga sebagai kebugaran, adalah prediktor penting atas kesehatan dan panjang umur,” urai Lars Andersen, profesor untuk gangguan muskuloskeletal di The National Research Centre for the Working Environment, Denmark yang tidak terlibat dalam penelitian. 
 
Pesepakbola ini dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kettlebell dan circuit training. Keduanya berlatih selama 20 menit, tiga kali seminggu sebagai tambahan terhadap latihan musim libur mereka. 
 
Menurut para periset, yang hasil penelitiannya dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Researchmereka yang dilatih dengan menggunakan kettlebells selama satu bulan, kapasitas aerobiknya meningkat enam persen. Tentu saja, tambah Alexander Koch, koordinator program ilmu olah raga di Lenoir-Rhyne University, North Carolina, Amerika Serikat, kettlebells ini bukan alat ajaib.

“Kettlebells merupakan satu pilihan bagi orang untuk berlatih guna meningkatkan kapasitas aerobiknya,” ujar Koch. 

 
Sebagai rekomendasi yang biasa diberikan, mulailah dengan yang  beban 16 kg bagi pria dan 12 kg untuk wanita dengan tingkat kebugaran rata-rata. Kalaupun masih bingung, tak ada salahnya meminta bantuan dari instruktur di tempat kebugaran Anda sebelum memulai latihan. 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com