Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2015, 15:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang bisa diperoleh dari memasak makanan sendiri. Selain bisa menghemat pengeluaran karena dapat mengatur bahan makanan yang dibelanjakan, memasak sendiri juga akan membuat Anda lebih sehat. 
 
Mulai memasak sendiri, sangat dianjurkan oleh ahli gizi Joy McCarthy sebagai satu cara mudah dalam perubahan diet. “Karena hidup sehat itu dimulai dari dapur,” begitu ujar penulis buku Joyous Health: Eat and Live Well Without Dieting.

Menurut Julia Wolfson, pimpinan studi yang hasil dipublikasikan dalam jurnal Public Health Nutrition, ketika seseorang mulai lebih sering memasak di rumah, mereka mengonsumsi sedikit karbohidrat dan lemak dibandingkan yang jarang memasak atau tidak sama sekali. 
 
Sebenarnya, ada alasan sehat lainnya yang tentu saja mendukung usaha Anda untuk memasak sendiri. 
 
Membuat pilihan yang lebih baik. Bagi yang tidak suka sayur, cobalah untuk berada di antara sayuran segar saat berbelanja di supermarket atau pasar. 
 
Warna-warni dari sayur mayur akan menarik Anda untuk mengambil bahan makanan tersebut. Dan tentu saja ini menjadi langkah untuk memangkas makanan olahan sekaligus menuntun ke makanan yang lebih sehat di rumah. 
 
Menghilangkan keraguan. Memasak sendiri akan mengenyahkan sejumlah keraguan seperti tentang minyak yang digunakan untuk menggoreng misalnya maupun pemilihan bahan makanan. 
 
Makan secara sadar. Saat ini kebanyakan orang menganggap makan hanya sebagai tugas semata, seperti halnya memesan makanan. Namun dengan memasak, mata Anda akan terbuka atas makanan yang dibuat termasuk cara menyantapnya. 
 
Makan secara sadar ini, dikatakan Kimberly Snyder, ahli gizi para selebriti, berarti Anda menikmati setiap gigitan dan tahu saat Anda kenyang.
 
Memasak itu lebih mudah dari yang dibayangkan. Tidak perlu bakat atau keahlian khusus untuk bisa memasak. Cukup berbekal buku resep masakan atau mencari resep di google, Anda sudah bisa memasak. Yang penting mau!
 
Mulailah dengan masakan sederhana seperti tumis brokoli dan tahu kukus. Ingat saja, bahwa menurut Snyder, makanan paling sederhana adalah yang paling menyehatkan. 

Selamat memasak!

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com