Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2015, 16:00 WIB

KOMPAS.com — Ketika sedang mempertimbangkan untuk memakai alat kontrasepsi, biasanya kita berkonsultasi kepada dokter atau bidan mengenai metode yang paling cocok untuk kita. Namun, kita jarang bertanya kepada dokter mengenai alat kontrasepsi yang mereka pakai.

Dalam sebuah survei terhadap 488 petugas atau penyuluh keluarga berencana di AS, ternyata hampir 40 persen menggunakan alat kontrasepsi IUD (spiral). Semua responden dalam survei ini adalah perempuan, berusia 25-44 tahun. Sebanyak 16 persen responden mengatakan memakai metode kontrasepsi pil KB, dan hanya 9 persen yang mengandalkan kondom untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Metode kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD, hampir selalu menjadi favorit para dokter dan tenaga kesehatan. Sebelumnya, pada tahun 2014, alat kontrasepsi ini juga diketahui paling populer.

Ada banyak alasan mengapa para tenaga kesehatan lebih suka menggunakan IUD dibanding metode kontrasepsi lainnya. Alasan utamanya, alat tersebut 99 persen berfungsi efektif. Sementara itu, pil KB memiliki angka kegagalan 9 persen, sedangkan kondom 18 persen.

Pengguna IUD pun tidak perlu cemas ketika mereka lupa minum pil. Meski kualitasnya tergantung pada jenis IUD yang dipakai, seorang wanita yang memanfaatkan metode ini tak perlu memusingkan risiko hamil sampai dengan 10 tahun.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com