Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Agar Mood Lebih Baik di Pagi Hari

Kompas.com - 27/02/2015, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Memiliki tubuh yang sehat dan perasaan hati yang baik sebenarnya bisa kita mulai sejak sebelum tidur dan bangun tidur pagi. Penelitian juga menunjukkan, orang yang bangun pagi memiliki banyak keuntungan positif, mulai dari rasa lebih bersemangat, bahagia, hingga mempercepat penurunan berat badan. 

Sayangnya, tak semua orang terbiasa bangun pagi. Terlebih jika malam sebelumnya kita bekerja sampai malam dan kurang tidur. Bangun pagi terasa seperti beban. Untuk menyiasatinya, sebenarnya kita bisa melakukan hal-hal sederhana ini.

1. Menyiapkan segalanya
Agar pagi tidak membuat Anda stres, siapkan pakaian yang akan dipakai besok, kemas tas, dan buat sarapan sebelum tidur. Dengan mengerjakan itu semua, Anda bisa mengurangi tekanan serta daftar tugas yang perlu dikerjakan di pagi hari, jadi Anda bisa lebih santai saat bangun tidur.

2. Mengatur ulang jam tidur
 Anda akan merasa lebih baik esok hari jika sebelumnya tidur sekitar 7-8 jam, tak peduli jam berapa Anda bangun. Jam tidur maju lebih cepat tidak berarti  lebih baik. Jika Anda biasanya tidur tengah malam dan bangun pukul 7 tetapi ingin bangun satu jam lebih awal, jangan paksa diri Anda tidur pukul setengah sepuluh malam. Anda bisa menatap dinding atas kamar sampai tiba waktu rutin Anda untuk tidur. Untuk membiasakannya, pindahkan jam tidur 15 menit tiap malam secara bertahap sampai mencapai  target Anda.

3. Cium wangi bunga
Orang-orang yang melihat bunga pertama kali di pagi hari dilaporkan menjadi lebih ceria dan berenergi, menurut penelitian di di Harvard University. Bahkan, saat kita mengagumi mekarnya bunga rasa cemas akan berkurang dan kita pun lebih pengertian sepanjang hari. Cobalah untuk menaruh satu buket bunga di meja kamar atau meja dapur Anda.

4. Menyetel lagu
Langsung menonton berita di televisi usai bangun tidur justru akan membuat Anda lebih stres di pagi hari. Buat aturan, seperti tidak ada berita pagi atau tidak mengecek e-mail setidaknya 30 menit setelah bangun. Sementara itu, coba setel lagu favorit Anda. Penelitian di Knox College menemukan bahwa mendengarkan lagu bertempo cepat bisa meningkatkan suasana hati secara signifikan.

5. Menunda alarm
Jika Anda menekan tombol 'snooze' pada alarm, Anda akan merasa kurang istirahat saat baru bangun. Bahkan setelah itu bisa jadi Anda malah tidur lebih lelap. Maka dari itu, taruh alarm Anda di ujung kamar sehingga Anda memang perlu beranjak dari tempat tidur.

6. Minum air lemon
Anda berjam-jam tidak mendapat cairan saat tidur. Saat bangun, tubuh Anda memerlukan hidrasi. Segelas air dengan perasan lemon menjadi pilihan baik karena memberikan sedikit sentakan dan rasa kenyang, ditambah rasa asam yang bisa mencegah Anda ngemil terlalu banyak.

7. Melihat cahaya
Paparan cahaya di pagi hari memberi sinyal pada tubuh untuk berhenti memproduksi hormon tidur melatonin. Selain itu, cahaya bisa juga membuat Anda merasa lebih terjaga dalam waktu 15 menit. Terapi cahaya pun sudah terbukti mengurangi depresi.

8. Bergerak!
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari lebih mampu bertahan dalam sebuah rutinitas. Cukup 10 menit berjalan atau peregangan dapat melancarkan aliran darah dan membangunkan Anda. (Purwandini Sakti Pratiwi)

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com