Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2015, 11:00 WIB

KOMPAS.com — Tangan merupakan bagian tubuh yang hampir selalu kita lihat. Tetapi, kita jarang benar-benar mengamati kondisinya, padahal apa yang terlihat di tangan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan.

- Gemetar
Jika tangan Anda gemetar tak terkontrol, pertama, jangan panik. Salah satu alasan tangan mengalami tremor adalah terlalu banyak kafein. Beberapa jenis obat seperti obat asma dan antidepresi juga bisa menyebabkan tangan gemetar. Tetapi, jika tremor yang dialami bukan karena itu dan terjadi cukup sering, periksakan ke dokter. Tremor juga bisa menjadi pertanda penyakit parkinson.

- Kuku rapuh dan patah
Kondisi kuku yang rapuh dan patah bisa menandakan Anda kurang zinc. Fungsi dari mineral ini adalah membantu pertumbuhan dan memperbarui sel kulit.

- Kulit mengelupas
Jika kulit di area jari-jari mengelupas, ini bisa jadi pertanda kekurangan vitamin B. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti niacin (B3) dan biotin (B7), seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, jamur, dan tuna.

- Kulit kering dan gatal
Sepertinya tak ada losion yang bisa mengatasi kondisi kulit tangan Anda yang kasar. Kondisi tersebut bisa juga disebabkan karena eksim, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, gatal, atau ruam. Periksakan ke dokter, dan jika ternyata itu bukan karena eksim, gunakan pelembab kulit yang mengandung vitamin A.

- Bintik coklat
Kulit tangan sangat rentan pada kerusakan akibat sinar ultraviolet karena area ini menyerap tambahan sinar UV. Faktor usia juga bisa menyebabkan timbulnya bintik-bintik kecoklatan di kulit. Pastikan Anda menggunakan body lotion mengandung SPF untuk bagian kulit yang terpapar sinar matahari.

- Ujung jari membiru
Ujung jari atau kuku yang berubah warna dari putih ke biru atau merah bisa menandakan penyakit sindrom Raynaud. Kondisi ini menyebabkan rasa dingin di jari tangan dan kaki, juga rasa nyeri, baal, dan seperti kesemutan. Penyebab sindrom Raynaud adalah kejang pada aliran darah sehingga mengurangi sirkulasi darah. Lakukan pengobatan segera.

 
 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com