Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2015, 09:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis


KOMPAS.com - Membuat seluruh anggota keluarga aktif bergerak sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan Anda sebagai orangtua memberikan contoh yang baik akan pentingnya aktif secara fisik. Selain itu, juga membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan untuk dilakukan. 

Supaya Anda dan juga seluruh anggota keluarga aktif secara fisik, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan. 
 
Olahraga bersama. Di akhir pekan, ajak semua anggota keluarga berolahraga bersama. Bisa dengan lari mengelilingi kompleks tempat Anda tinggal, ataupun bersepeda saat car free day berlangsung. Atau ikut kegiatan yoga yang dilakukan sejumlah pegiat yoga di taman kota. 
 
Buat ruang keluarga lebih aktif. Ruang keluarga lebih sering terlihat sebagai tempat untuk bermalas-malasan. Menonton televisi, film, bermain games, sambil berleyeh-leyeh di sofa. Supaya tidak memiliki konotasi ‘malas’, tambahkan aktivitas fisik di ruang ini. 
Anda bisa meletakkan dambel maupun yoga mat di ruang keluarga.

Ajak anak untuk melakukan pose yoga sederhana guna mengalihkan perhatian mereka dari televisi. Bermain puzzle atau lego dengan anak dapat juga dilakukan. Intinya, membuat kegiatan lain yang menjauhkan diri dari tayangan televisi maupun games

 
Jadikan pekerjaan rumah lebih menyenangkan. Ketimbang membagi-bagikan pekerjaan rumah kepada seluruh anggota keluarga dan mengerjakannya sendiri, mengapa tidak melakukannya bersama-sama dengan cara yang lebih menyenangkan? Misalnya saja, mereka yang melakukan dengan cepat (dan tentu saja bersih) akan mendapat bonus. 
 
Agar kian menyenangkan, pasang musik saat mengerjakannya. Bisa juga diselipkan aktivitas fisik seperti lompat tali di sela-sela menjemur pakaian.  
 
Belanja bersama. Keluarga yang mengonsumsi makanan lebih sehat cenderung memiliki kebisaan yang menyehatkan pula. Untuk itu, libatkan seluruh anggota keluarga dalam menyiapkan makanan. 
 
Ajak anak ke pasar atau supermarket untuk berbelanja sayur, buah, dan makanan sehat lainnya. Termasuk menyiapkan makanan tersebut. Dengan cara ini, anak akan lebih menikmati makanan yang ada di piringnya.
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com