Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com -Setiap perkembangan bayi menjadi momen istimewa bagi sang ibu. Salah satunya adalah perkembangannya dalam berbicara.
 
Dokter spesialis anak Rini Sekartini mengatakan, perkembangan berbicara pada bayi tentunya terjadi secara bertahap. Berawal dari suara tangisan hingga bisa memanggil "Mama" dan "Papa".
 
Idealnya, pada usia 3-4 bulan, bayi mulai bisa mengucap vokalisasi "Ooo, aaa." Kemudian, pada usia 5-6 bulan mampu berkata, "Ma-ma-ma" dan mulai bisa berkata "Mama, papa" pada usia 10-12 bulan.
 
"Setelah itu usia 18 bulan mulai bisa mengucap 6-10 kata dengan benar dan tepat," kata Rini dalam acara Jonson's So Much More di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
Menurut Rini, merangsang perkembangan bicara pada bayi bisa dilakukan sejak masih dalam kandungan. Stimulus bisa diberikan dengan mengobrol dengan bayi dan mendengarkannya musik.
 
"Bayi sudah bisa diajak ngobrol sejak usia kandungan trisemester kedua. Pada usia ini fungsi pendengaran sudah terbentuk," terang dia.
 
Saat lahir, bayi pun harus sering diajak bicara meski awalnya hanya bisa menangis. Ajaklah bayi bicara saat menggendongnya hingga saat memandikannya.
 
Bayi yang terlambat bicara, bisa jadi karena kurang mendapat stimulus dari sang ibu. Selain itu, pada bayi yang mengalami gangguan pendengaran biasanya mereka juga akan terlambat bicara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com